Berita Demak

Pemkab Demak Salurkan Zakat Rp 246 Juta

Bupati Demak Eisti’anah secara simbolis menyerahkan zakat fitrah kepada perwakilan mustahik.

Penulis: Rezanda Akbar D | Editor: sujarwo
Istimewa
penyerahan zakat fitrah kepada perwakilan mustahik pada pelaksanaan Pentasyarufan Zakat Fitrah yang di gelar Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Demak, Selasa (26/4/2022) di Gedung Grhadika Bina Praja. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK – Bupati Demak Eisti’anah secara simbolis menyerahkan zakat fitrah kepada perwakilan mustahik pada pelaksanaan Pentasyarufan Zakat Fitrah yang di gelar Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Demak, Selasa (26/4/2022) di Gedung Grhadika Bina Praja.

Apresiasi disampaikan Bupati Eisti’anah kepada BAZNAS Demak karena telah menjaga kepercayaan para muzakki dengan mentasyarufkan zakat kepada yang berhak menerima.

“Jika trust (kepercayaan) dibangun dengan baik, Insya Allah BAZNAS akan terus berkembang," ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa kesejahteraan masyarakat merupakan tanggung jawab bersama.

"Tidak hanya pemerintah saja namun perlu adanya dukungan dan sinergitas dari semua pihak,” katanya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan ASN yang telah berkontribusi dengan membayar zakat melalui BAZNAS. 

“Saya juga berpesan kepada semua pimpinan OPD untuk mengajak para pegawainya yang belum berzakat, infaq maupun shodaqoh agar menyalurkannya melalui BAZNAS Kabupaten Demak,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Baznas Kabupaten Demak Bambang Susetyarto mengungkapkan, tahun 2021 dari 7.857 ASN Pemkab Demak berhasil terkumpul zakat fitrah sebanyak Rp274 juta

Namun karena banyaknya ASN yang pensiun pada tahun 2022 yang membayar zakat fitrah hanya 7.057 orang, sehingga dana yang terkumpul total Rp246 juta.

“Terjadi penurunan nominal zakat pada Ramadhan 1443 H, hal ini dikarenakan banyaknya ASN di Demak yang pensiun atau purna tugas,”terangnya.

Bambang menjelaskan, kabar baiknya UPZ Kemenag Kabupaten Demak Ramadhan ini mentasyarufkan zakat fitrah 771 ASN-nya melalui Baznas, sehingga ada tambahan nominal Rp 26juta

“Zakat fitrah ASN dan Kemenag, total keseluruhan jumlah yang di dapat sebanyak Rp 273juta.

Dari total tersebut telah dibelanjakan beras sebanyak 25.216 ton. 

"Juga kita didistribusikan ke semua desa se-Kabupaten Demak masing-masing 50 kg, juga ke 14 kecamatan masing-masing 100 kg,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Demak Ali Makhsun, Sekda Demak Eko Pringgolaksito beserta Para Asisten, serta para Kabag di lingkungan Setda Demak. (*)

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved