Bea Cukai Tanjung Emas

Mitigasi Kongesti di Pelabuhan pada Idul Fitri, Bea Cukai Tanjung Emas dan Stakeholers Berkoordinasi

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas menganggap perlu melakukan strategi–strategi untuk mengantisipasi kemungkinan Kongesti di Pelabuhan Tanjung Emas.

Editor: abduh imanulhaq
BEA CUKAI TANJUNG EMAS
Bea Cukai Tanjung Emas bersama stakeholder bentuk tim khusus mitigasi kongesti pada rapat koordinasi, Selasa (26/4/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mitigasi kemungkinan  kongesti di Pelabuhan Tanjung Emas selama Libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H / 2022 M, Bea Cukai Tanjung Emas bersama stakeholder bentuk tim khusus mitigasi kongesti pada rapat koordinasi, Selasa (26/4/2022).

Mitigasi Kongesti di Pelabuhan Tanjung Emas selama Idul Fitri 2022, Bea Cukai Tanjung Emas Koordinasi Bersama Stakeholder
Mitigasi Kongesti di Pelabuhan Tanjung Emas selama Idul Fitri 2022, Bea Cukai Tanjung Emas Koordinasi Bersama Stakeholder (IST)

Kebijakan Republik Rakyat Tiongkok untuk membuka lockdown yang selama ini dijalankan untuk mengurangi penyebaran Pandemi Covid-19, ditambah ada libur panjang diperkirakan mengakibatkan loading barang yang tinggi.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas menganggap perlu melakukan strategi – strategi untuk mengantisipasi kemungkinan Kongesti di Pelabuhan Tanjung Emas.

“Jika tidak dilakukan persiapan dan mitigasi maka YOR (Yard Occupancy Ratio) kita akan tinggi dan dapat memberikan snowball effect diberbagai bidang. Strategi ini diperlukan selain agar layanan pelabuhan tetap prima juga sebagai mitigasi jika timbul kendala terutama terkait logistik dipelabuhan Tanjung Emas.” terang Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Anton Martin.

Hal ini didukung oleh Kepala Kantor Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kelas I Semarang, M. Tonir bahwa siap menjaga dan melaksanakan tugas pengawasan dan pelayanan, serta sudah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Emas.

Adanya cuti bersama dan libur lebaran dari tanggal 29 April 2022 s.d 8 Mei 2022 menyebabkan sektor swasta (industry, pabrik, perbankan dll) serta sektor pemerintah libur.

General Manager Terminal Petikemas Semarang (TPKS), I Nyoman Sudhiarta menyampaikan bahwa “Hal ini menyebabkan prediksi YOR di TPKS pada saat akhir libur cuti bersama (09/06/22), container yard (CY) Internasional sebesar 136 persen serta container yard (CY) Domestik sebesar 126 persen.”

Dari hasil koordinasi, pelayanan baik impor maupun ekspor akan dilakukan 24/7. Terminal Peti Kemas Semarang akan memaksimalkan sarana dan prasarana untuk menampung container melalui skenario perencanaan lapangan di container yard internasional.

Relokasi container serta pemanfaatan area lini 1 maupun lini 2 ini disesuaikan skala prioritas dan resiko.

Bea Cukai Tanjung Emas bersama Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang dan Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Semarang akan memaksimalkan Sumber Daya Manusia untuk pemeriksaan dan pengawasan.

Selanjutnya akan dibentuk tim khusus untuk memudahkan koordinasi terkait teknis perencanaan mitigasi kongesti. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved