Berita Salatiga

Polres Salatiga Musnahkan Ribuan Botol Miras

Untuk mengantisipasi tindak kekerasan jelang Lebaran, Polres Salatiga musnahkan ribuan botol minuman keras (miras) berbagai merek, Rabu (27/4/2022)

Penulis: Hanes Walda Mufti U | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA – Untuk mengantisipasi tindak kekerasan jelang Lebaran, Polres Salatiga musnahkan ribuan botol minuman keras (miras) berbagai merek, Rabu (27/4/2022).

Ada sekitar 2.392 botol miras yang dimusnahkan di Polres Salatiga.

Berbagai merek miras seperti  anggur kolesom, anggur putih, vodka, wisky dan congyang serta ratusan liter arak atau tuak dan ciu dimusnahkan dengan menggunakan alat berat.

Menurut Kapolres Salatiga, AKBP Indra Mardiana, kegiatan pemusnahan ini hasil dari Operasi Cipta Kondisi.

“Operasi Cipta Kondisi yaitu operasi terkait penyakit masyarakat mulai dari miras, petasan dan lainnya,” kata Indra kepada Tribunjateng.com.

Kegiatan ini akan berlangsung terus untuk menekan penyakit masyarakat.

Menurutnya, minuman keras merupakan pemicu terjadinya tindak kejahatan karena miras dapat pengaruhi saraf otak manusia.

“Di samping itu juga merupakan pelanggatan norma baik dari sisi hukum negara maupun hukum agama,” tambahnya.

Polres Salatiga bersama Pemerintah Daerah dan Instansi terkait berkomitmen untuk memberantas peredaran miras dan narkoba guna mewujudkan situasi kamtibmas Kota Salatiga yang aman dan kondusif, khususnya menjelang Perayaan Idul Fitri 1443 H/ Tahun 2022.

Tradisi menyulut petasan, pihaknya juga mengantisipasi dengan menyita bubuk mesiu bahan baku petasan.

“Petasan selain dampaknya sangat mengganggu ketenangan dan ketentraman masyarakat namun juga bisa menyebabkan timbulnya korban jiwa,” ucapnya.

Sementara itu, Wali kota Salatiga, Yuliyanto SE MM menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kapolres dan jajarannya yang telah bekerja keras dan berkomitmen tinggi untuk memberantas penyakit masyarakat.

“Kita berharap dengan berkurangnya peredaran miras maupun petasan, Perayaan Idul Fitri 1443 H  tahun 2022 dapat berjalan aman lancar dan kondusif, masyarakat dapat khusyuk menjalankan ibadah,” kata Yuliyanto. (han)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved