Ramadan 2022

KPw BI Tegal Buka Layanan Penukaran Uang di Rest Area KM 275 A Penarukan Adiwerna Tegal

KPw BI Tegal Buka Layanan Penukaran Uang di Rest Area KM 275 A Penarukan Adiwerna Tegal, Siapkan Pecahan Mulai Rp 1 Ribu - Rp 20 Ribu

desta leila kartika
Pemudik asal Jakarta Timur menuju Kediri, Erna Susanti, menunjukkan uang pecahan yang baru saja ia tukarkan di pelayanan Bank Indonesia Tegal, berlokasi di Rest Area KM 275 A Penarukan, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Kamis (28/4/2022).  

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Kantor perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tegal menyelenggarakan layanan penukaran uang yang kali ini menyasar Rest Area ruas Tol Pejagan-Pemalang dan ruas Tol Pemalang-Batang.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal, M. Taufik Amrozy, memantau langsung layanan penukaran uang di Rest Area KM 275 A Penarukan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Kamis (28/4/2022).

Dijelaskan, kegiatan ini masih dalam satu rangkaian yang sudah kick off di Balaikota Tegal bersama delapan Bank penukaran yaitu Bank Indonesia, BPD Jateng, Bank BRI, BNI, Mandiri, BCA, BSI, dan Bank Muamalat. 

Kemudian dibuat jadwal sampai tiga minggu dan layanan penukaran serentak berakhir hari ini.

"Untuk layanan penukaran uang di Rest Area kami laksanakan di tujuh titik mulai Brebes sampai Batang. Tapi masyarakat tidak perlu khawatir, karena saat hari libur beberapa teman-teman bank tetap melayani.

Tapi secara umum kami sudah menambahkan modal untuk melayani masyarakat, mengingat animo makin bertambah sehingga modal bertambah dari biasanya," ungkap Taufik Amrozy, pada Tribunjateng.com, Kamis (28/4/2022).

Lokasi layanan penukaran uang, lanjut Taufik, mulai dari rest area 252, 260, 275, 282, 294 ruas Tol Pejagan-Pemalang dan rest area 360 serta 379 ruas Tol Pemalang-Batang. 

Untuk penambahan sendiri, jika biasanya satu mobil melayani 100 paket dengan jumlah pecahan kecil Rp 1.000 - Rp 20 ribu dijumlahkan satu pak Rp 3,8 juta, sehingga jika total 100 paket jumlahnya Rp 380 juta.

Sekarang ini ditambah sampai kurang lebih Rp 500 juta, untuk melayani animo masyarakat yang meningkat menjelang lebaran.

"Mulai besok atau hari libur ada teman-teman bank yang tetap melayani. Ya seperti BRI, BNI, dan lainnya tetap membuka layanan penukaran uang," katanya.

Taufik mengungkapkan, total uang yang disiapkan Bank Indonesia selama ramadan sampai Idul Fitri sekitar Rp 4 triliun lebih untuk se karesidenan Pekalongan.

Jumlah tersebut dikatakan Taufik meningkat dibandingkan tahun 2021 lalu yaitu sekitar 24 persen.

"Sampai hari ini stok uang yang kami sediakan hampir semua terpakai, ya sudah diatas Rp 3 triliun," ujar Taufik.

Pemudik yang menukarkan uang, Erna Susanti, mengatakan sangat terbantu dengan adanya layanan penukaran uang tersebut, karena sambil beristirahat di rest area bisa sekalian menukarkan uang untuk dibagikan ke sanak saudaranya. 

Pemudik yang berangkat dari Jakarta menuju Kediri Jawa Timur ini, bercerita biasanya menukarkan uang dengan cara menitipkan ke teman yang bekerja di Bank. 

Tapi karena waktunya mepet sehingga Erna belum sempat menukarkan, maka hadirnya layanan penukaran uang sangat membantu. 

"Awalnya saya tidak tahu misal disini ada penukaran uang. Tapi tadi saat sedang istirahat, saya lihat ada ramai-ramai mobil Bank Indonesia ternyata setelah dilihat ada layanan. Yasudah sekalian saja saya tadi menukarkan Rp 1,3 juta uang pecahan baru nominal Rp 1.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000," imbuh Erna. (dta)

Baca juga: TADARUS Taslim Syahlan : Ramadan Momentum Penguatan Komitmen Kebangsaan

Baca juga: Lagi, Petugas Segel Satu Karaoke Lantaran Tetap Beroperasi Di Bulan Ramadhan

Baca juga: Cara Bemain dan Dapat Bayaran di Aplikasi Penghasil Uang Tambang Emas

Baca juga: Memaknai Ramadan sebagai sebuah Madrasah

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved