H-1 Lebaran Objek Wisata Guci.Tegal Masih Sepi Pengunjung, Prediksi Meleset

Kondisi saat ini meleset dari prediksi yaitu H-3 lebaran ramai pengunjung nyatanya sampai H-1 masih tergolong sepi pengunjung.

Tribun Jateng/ Desta Leila Kartika
Objek Wisata Guci Kabupaten Tegal yang terlihat masih sepi pengunjung pada H-1 lebaran, Minggu (1/5/2022).  

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah/2022 tinggal satu hari lagi, namun ternyata hal tersebut tidak berdampak pada peningkatan jumlah pengunjung di objek wisata terutama yang dikelola oleh Pemkab Tegal yaitu Pemandian Air Panas Guci dan Purwahamba Indah (Pur'in).

Bahkan, menurut Kepala UPTD Pengelolaan Objek Wisata Kabupaten Tegal, Ahmad Abdul Hasib, kondisi saat ini meleset dari prediksi yaitu H-3 lebaran ramai pengunjung nyatanya sampai H-1 masih tergolong sepi pengunjung.

Kondisi tersebut, merata tidak hanya di Objek Wisata Guci saja, tapi juga di Purwahamba Indah (Pur'in) yang malah sama sekali belum ada pengunjung berwisata atau sekedar mampir.

"Betul kondisinya masih sepi dan menurut saya ada dua faktor. Pertama karena pengunjung sedang fokus untuk persiapan lebaran besok, dan faktor lainnya yaitu kondisi cuaca yang tidak menentu. Katakan pagi sampai siang cerah, nanti masuk sore hujan deras sampai malam hari," jelas Hasib, pada Tribunjateng.com, Minggu (1/5/2022).

Bahkan menurut Hasib, kondisi sepi pengunjung jelang lebaran tidak jauh berbeda seperti tahun lalu, apalagi saat itu masih banyak kasus Covid-19. 

Rata-rata jumlah pengunjung juga sama yaitu kisaran 100-200 orang dan didominasi non muslim atau mereka yang tidak merayakan lebaran. 

"Prediksi kami meleset, karena rata-rata jumlah pengunjung seperti hari Minggu saja hanya 100-200 orang untuk di Guci," katanya.

Hasib menyebut, puncak pengunjung memadati wisata diprediksi pada Sabtu yang akan datang. Mengingat pada Senin besoknya sudah mulai aktif bekerja lagi.

Adapun terkait jumlah pengunjung sampai saat ini masih dibatasi, alurnya yaitu dalam satu waktu masuk maksimal 8 ribu pengunjung kemudian setelahnya ditutup sementara. 

Ditutup selama 15 menit bertujuan memberikan kesempatan pada wisatawan yang hendak keluar setelah selesai berwisata ke Guci. 

Nah setelah sudah mulai banyak yang keluar area wisata, maka akan kembali dibuka begitu seterusnya. 

"Ya namanya prediksi bisa pas bisa juga meleset, tapi saat puncak pengunjung nanti khususnya di Guci jumlah pengunjung bisa sampai 12 ribu orang dalam satu hari. Tapi kembali lagi bergantung kondisi cuaca dan faktor lainnya," ujar Hasib.

Sementara itu, membahas mengenai biaya tiket masuk ke kawasan wisata Guci (hanya kawasan karena wahana ada biaya sendiri), untuk hari libur atau weekend Rp 12 ribu per orang sudah termasuk klaim asuransi Rp 600, sehingga yang dibayarkan ke Pemda sebanyak Rp 11.400 per orang.

Kemudian tarif untuk hari biasa (weekday) Senin-Jumat biaya Rp 10 ribu per orang baik dewasa maupun anak-anak. Biaya tersebut juga sudah termasuk klaim asuransi Rp 600 rupiah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved