Stikes Telogorejo Semarang

Menstrual Cup: Manfaat, Risiko, dan Cara Penggunaan yang Tepat

Menstrual cup kini semakin banyak digunakan para wanita, karena dinilai lebih ekonomis dan ramah lingkungan dibanding pembalut sekali pakai.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Ilustrasi Menstrual Cup 

Oleh : Tia Nurhanifah, SST., M.Keb – Dosen S-1 Kebidanan STIKES Telogorejo Semarang

Menstrual cup kini semakin banyak digunakan para wanita, karena dinilai lebih ekonomis dan ramah lingkungan dibanding pembalut sekali pakai. Namun, tidak sedikit wanita yang merasa ragu akan keamanan gelas penampung darah menstruasi ini. Benarkah menstrual cup aman digunakan? Baca dalam ulasan berikut ini.

Ilustrasi Menstrual Cup
Ilustrasi Menstrual Cup (IST)

Menstrual Cup dan Manfaat Penggunaannya
Menstrual cup adalah gelas kecil fleksibel yang digunakan untuk menampung darah menstruasi. Alat ini umumnya terbuat dari silikon atau karet lateks yang dapat dicuci dan digunakan berkali-kali. Oleh karena itu, penggunaan menstrual cup ini dapat menghemat pengeluaran Anda untuk membeli pembalut sekali pakai.

Selain dapat menghemat keuangan, menstrual cup ini juga memiliki beberapa manfaat lain, diantaranya:

Ramah lingkungan
Menstrual cup yang bisa dicuci dan digunakan berkali-kali, dapat membantu mengurangi penggunaan pembalut sekali pakai. Dengan demikian, sampah yang dihasilkan dari pembalut sekali pakai pun berkurang.

Mudah dibersihkan
Untuk membersihkan menstrual cup, Anda cukup membuang darah yang tertampung dan mencucinya dengan air bersih atau air mengalir.

Tidak perlu terlalu sering diganti
Menstrual cup memiliki daya tampung kurang lebih 4- 5 jam pemakaian saat darah haid deras atau 5- 9 jam pemakaian di hari biasa. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir terlalu sering menggantinya seperti pada pemakaian pembalut sekali pakai.

Aman digunakan
Menstrual cup aman digunakan apabila penggunaannya sesuai dengan anjuran yang diberikan. Selain itu, perhatikan lama waktu penggunaannya dan cara mensterilkan alat ini dengan tepat.

Mencegah iritasi
Salah satu permasalahan yang sering timbul pada penggunaan pembalut sekali pakai adalah iritasi kulit. Dengan menggunakan menstrual cup, Anda tidak akan mengalami iritasi seperti pada penggunaan pembalut biasa.

Risiko Penggunaan Menstrual Cup
Setiap produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Sama halnya dengan gelas penampung darah menstruasi ini. Meski memiliki banyak manfaat, penggunaan menstrual cup juga memiliki risiko sebagai berikut:

Kebocoran
Memilih ukuran menstrual cup yang sesuai atau tepat, merupakan sebuah permasalah rumit. Alat ini tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Jika Anda salah memilih, bisa saja bocor ketika dikenakan. Selain ukurannya, kebocoran juga dapat terjadi akibat isi gelas yang sudah penuh tetapi tidak segera diganti.

Iritasi pada vagina
Meski dapat mencegah iritasi kulit, nyatanya menggunakan gelas penampung menstruasi ini dapat memicu iritasi pada vagina. Iritasi ini dapat timbul akibat cara penggunaan dan perawatan yang tidak tepat. Selain itu, Anda juga dapat mengalami alergi terhadap bahan dasar menstrual cup.

Rasa Tidak Nyaman
Sebagian besar pengguna gelas penampung darah menstruasi merasa tidak nyaman dan mengalami kesulitan saat menggunakan benda ini. Cara pakainya sendiri, perlu dilipat dan dimasukkan ke dalam vagina.
Wajib Tahu! Perhatikan Ini saat Pakai Menstrual Cup

Untuk mengurangi risiko penggunaan gelas penampung darah menstruasi, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved