MotoGP

Nomor 46 Valentino Rossi Dipensiunkan dari Ajang MotoGP Mulai Sesi Kualifkasi GP Italia

MotoGP akan pensiunkan nomor 46 milik The Doctor, Valentino Rossi, pada seri kedelapan balapan musim ini di MootGP Italia 2022.

Editor: m nur huda
AFP/WILLIAM WEST
Valentino Rossi menjalani sesi latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019. 

TRIBUNJATENG.COM - MotoGP akan pensiunkan nomor 46 milik pembalap The Doctor, Valentino Rossi, pada seri kedelapan balapan musim ini di MootGP Italia 2022.

Dikutip dari The-Race, MotoGP telah mengumumkan bahwa mereka menghapus nomor 46 Valentino Rossi dalam pernyataan yang dirilis pada Sabtu (14/5/2022).

Upacara pensiunnya nomor 46 dijadwalkan berlangsung tepat sebelum sesi kualifikasi MotoGP Italia 2022, tepatnya tanggal 28 Mei mendatang. Rossi rencananya hadir langsung dalam acara tersebut.

"Nomor 46 akan dipensiunkan dari penggunaan di kelas MotoGP di Autodromo Internazionale del Mugello. Identik dengan Juara Dunia sembilan kali dan Legenda MotoG Valentino Rossi, nomor tersebut akan ditandatangani di Gran Premio d'Italia Oakley yang akan datang," sebagaimana keterangan tertulis MotoGP.

Dengan dipensiunkan nomor 46 miliknya, Valentino Rossi akan tergabung dengan para legenda MotoGP lainnya.

Yaitu Kevin Schwantz dengan nomor 34, kemudian Loris Capirossi yang identik dengan nomor 65, hingga Nicky Hayden dengan 69.

Nomor-nomor mereka telah dihapus dari kelas utama MotoGP, jadi pembalap lain tidak boleh lagi mengenakannya.

Meski begitu pada 2016 lalu, Rossi sendiri pernah mengatakan bahwa ia memperkenankan jika pembalap lain ingin menggunakan nomornya dalam balapan.

“Tentang nomor saya, saya berpikir, kesan pertama saya adalah saya tidak suka bahwa nomor 46 dihapuskan,” kata Rossi enam tahun lalu.

“Saya lebih suka nomor 46  tetap ada dan jika beberapa pebalap lain ingin mengambil nomor itu, mereka bisa mengenakannya,” ujar Rossi.

The Doctor sendiri memang telah termasuk dalam perhargaan Hall of Fame MotoGP berkat tinta emas yang ia torehkan.

Balapan GP Valencia pada 2021 lalu mengakhiri kiprah balap Rossi setelah lebih dari dua dekade di MotoGP.

Kendati telah pensiun, pembalap dengan gelar juara dunia sembilan kali itu telah mewariskan tim dan pembalap hebat di kelas para raja.

Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, menjadi salah satu anak didik Rossi yang paling berhasil selama ini.

Selain itu, warisan Rossi juga diturunkan dengan ia menurunkan tim balap profesional bersama Ducati, Mooney VR46 di kelas MotoGP dan Moto2.

Rossi telah menginspirasi anak-anak berbakat di Italia khususnya dalam balap motor.(*Bolasport)

Sumber: BolaSport.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved