Berita Sukoharjo

Bupati Sukoharjo Etik Suryani Luncurkan Program Pendataan Penduduk Rentan Administrasi Kependudukan

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, meluncurkan program pendataan penduduk rentan administrasi kependudukan ake Petan Tuma

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: muslimah
Pemkab Sukoharjo
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani foto bersama usai meluncurkan program administrasi kependudukan bagi penduduk rentan, Selasa (17/5/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, meluncurkan program pendataan penduduk rentan administrasi kependudukan Make Petan Tuma.

Program tersebut sangat penting dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan.

Pelucuran dilakukan di Auditorium Wijaya Utama Lantai 10 Gedung Menara Wijaya, Selasa (17/5/2022) kemarin.

Tampak hadir Wakil Bupati, Agus Santosa dan pejabat di lingkungan Pemkab Sukoharjo.

Program Make Petan Tuma sendiri merupakan singkatan dari melayani keliling pendataan penduduk rentan terpadu bersama.

Dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan, sosialisasi pendataan penduduk rentan administrasi kependudukan Make Petan Tuma dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan.

“Perlu diketahui bersama penduduk rentan administrasi kependudukan adalah penduduk yang mengalami hambatan dalam memperoleh dokumen kependudukan yang disebabkan oleh bencana alam dan kerusuhan sosial,” jelasnya.

Etik melanjutkan, untuk kategori orang terlantar adalah penduduk yang karena suatu sebab sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhannya secara wajar baik rohani, jasmani maupun sosial yang meliputi orang yang tinggal di panti asuhan, panti jompo, panti sosial, rumah sakit jiwa, lembaga permasyarakatan, dan atau tempat penampungan lainnya.

Sesuai dengan perubahan dan perkembangan jaman yang terjadi dalam masyarakat, masyarakat harus dan perlu sadar bahwa seseorang perlu memiliki bukti tertulis dalam menentukan status seseorang atas kejadian atau peristiwa yang menyangkut administrasi kependudukan.

Adakalanya suatu peristiwa mengakibatkan seseorang tidak memiliki identitas bukti tertulis yang memiliki kepastian hukum.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved