Travel Banyumas

Menggala Ranch Wisata Edukasi di Banyumas, Pengunjung Berasa Menggembalakan Domba

Terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, wisata ini menyuguhkan pesona alam yang luar biasa menyejukkan mata

Penulis: Imah Masitoh | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Imah Masitoh
Menggala Ranch salah satu wisata favorit yang berada di Kabupaten Banyumas perpaduan wisata alam dan wisata edukasi, Minggu (22/5/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Menggala Ranch menjadi destinasi wisata alam sekaligus edukasi yang cocok dikunjungi bersama keluarga. 

Terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, wisata ini menyuguhkan pesona alam yang luar biasa menyejukkan mata. 

Masih dalam perbukitan Menggala yang hijau subur membentang memiliki suasana yang begitu asri dan udara yang sejuk saat berada di tempat ini.

Menggala Ranch salah satu wisata favorit yang berada di Kabupaten Banyumas perpaduan wisata alam dan wisata edukasi, Minggu (22/5/2022).
Menggala Ranch salah satu wisata favorit yang berada di Kabupaten Banyumas perpaduan wisata alam dan wisata edukasi, Minggu (22/5/2022). (TribunJateng.com/Imah Masitoh)

Pantas saja daerah ini disebut-sebut New Zealand di Banyumas, karena dinilai ada kemiripan panorama yang dimilikinya. 

Ripto Sudarmo selaku pengelola Manggala Rich mengatakan, wisata ini dibangun untuk berwisata sekaligus ajang edukasi khususnya anak-anak mengenai hewan ternak. 

"Usaha dari PT Pesona Banyumas Satria. Sengaja membangun wisata ini lebih untuk ke edukasi," katanya. 

Pengunjung dapat bercengkrama langsung dengan hewan-hewan yang ada di tempat ini seperti domba, sapi, ayam, kelinci, bebek, dan ikan. 

Salah satu jenis ternak yang diincar oleh para pengunjung yakni domba-domba yang dilepas langsung sehingga dapat membaur langsung dengan pengunjung.
 
"Bermitra dengan PT Gelora Bangun Bersama Banyumas (GBBB) pemilik dari domba-domba ini," ungkapnya. 

Domba-domba ini memiliki kandang sendiri yang terletak di sekitar bawah wisata ini. Setiap hari domba akan dilepas saat pagi hari dan dikandangkan sore harinya. 

"Setiap hari domba naik sekitar pukul 08.30 pagi dan akan dimasukkan kandang pukul 16.30 sore," tambahnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved