Berita Boyolali

Embarkasi Solo akan Berangkatkan 15.477 Calhaj Jateng-DIY, Asrama Donohudan Siap 100 Persen

Bambang menjelaskan, mereka akan menempati kamar tidur yang ada di lantai 1, 2, dan 3 Gedung Makkah dengan total kapasitas bed mencapai 1.050. Para je

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Muhammad Sholekan
Seorang pengunjung Asrama Haji Donohudan sedang melewati ikon dari gedung tersebut, Senin (30/5/2022). 

TRIBUNJATENG.COM - ASRAMA Haji Donohudan di kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali mulai bersiap menyambut calon jemaah haji tahun 2022.

Calhaj dari Jateng dan DIY akan terbang ke Arab Saudi melalui bandara Adi Soemarmo di Kabupaten Boyolali, Jateng.

Bahkan, ruang khusus untuk para jemaah haji, seperti ruang untuk makan dan tidur telah siap. "Persiapan sudah hampir selesai. Tinggal penataan ruang pertemuan. Khusus untuk jemaah haji sudah siap semuanya," ucap Kepala Unit Pengelolaan Asrama Donohudan, Bambang Sumanto, Senin (30/5/2022).

Pihaknya mencatat ada 15.477 calon jemaah haji dari Jateng dan DIY yang akan berangkat dari Asrama Haji Donohudan. Yakni dengan rincian 13.776 asal Jateng dan 1.701 asal DIY.

Bambang menjelaskan, mereka akan menempati kamar tidur yang ada di lantai 1, 2, dan 3 Gedung Makkah dengan total kapasitas bed mencapai 1.050. Para jemaah akan tiba secara bergantian selama 29 hari dimulai besok 3 Juni 2022.

Begitu calon jemaah haji tiba dari daerah-daerah, kemudian menginap di Asrama Haji Donohudan satu malam. Selanjutnya mereka diberangkatkan keesokan harinya melalui bandara Adi Soemarmo menuju Jeddah, Arab Saudi.

"Jemaah mulai masuk tanggal 3 Juni, berangkat 4 Juni. Pas tanggal 3 itu ada 2 kloter yang masuk. Setiap kloternya ada 360 jemaah," ungkapnya.

Secara total akan ada 43 kloter. Pada 14 hari pertama ada 2 kloter setiap harinya, sedangkan pada 15 hari terakhir ada 1 kloter setiap harinya.

Terkait dengan status Asrama Donohudan sebagai rumah sakit darurat untuk pasien covid-19, Bambang menyebut bahwa status tersebut masih berlaku. Namun demikian, jumlah pasien yang dirawat saat ini adalah nol.

"Rumah sakit darurat covid-19 itu di gedung Madinah lantai 1 dan saat ini masih berlaku, walaupun pasien sudah kosong," tuturnya.

Sementara, lantai 2 dan 3 gedung tersebut rencana akan digunakan sebagai ruang istirahat bagi petugas jemaah haji atau satgas haji.

"Nanti lantai 2 dan 3 Gedung Madinah kami siapkan untuk petugas dari haji atau satgas haji,” tandasnya.

Bambang berharap semua calon jemaah haji Jateng dan DIY menaati aturan dan tata tertib sebagaimana sudah disampaikan oleh pembimbing haji tiap daerah. (Muhammad Sholekan/TRIBUN JATENG CETAK)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved