Berita Kudus

494 Calon Jemaah Haji Asal Kudus Jalani Manasik Haji

Calon jemaah haji Kabupaten Kudus melaksanakan kegiatan manasik haji di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Kamis (2/6/2022)

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Rifqi Gozali
Para calon jemaah haji asal Kudus saat praktik tawaf mengelilingi replika kakbah di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Kamis (2/6/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Calon jemaah haji Kabupaten Kudus melaksanakan kegiatan manasik haji di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Kamis (2/6/2022).

Kegiatan tersebut sebagai bentuk persiapan secara fisik calon jemaah sebelum berangkat ke tanah suci.

Mula-mula calon jemaah haji berkumpul di Gedung Jam'iyyatul Hujjaj Kudus (JHK) di Jalan AKBP Agil Kusumadya yang diibaratkan sebagai Arafah.

Di sana mereka sudah mengenakan pakaian ihram.

Dari Gedung JHK, kemudian calon jemaah berjalan menuju pelataran Gedung DPRD Kudus.

Di sana mereka mempraktikkan lempar jumrah dan tahalul setelah sebelumnya mereka praktik mabit saat keluar dari Gedung JHK.

Dari DPRD mereka lantas jalan kaki menuju Alun-alun Simpang Tujuh Kudus untuk melaksanakan praktik tawaf dan sai.

Ketua Panitia Pendalaman, Pemberangkatan, dan Pemulangan Haji (P4H) JHK, Sururi, mengatakan, manasik yang pihaknya gelar untuk calon jemaah haji berlangsung setiap jelang pemberangkatan haji.

Hal itu untuk melatih fisik dan kecakapan calon jemaah dalam menjalankan ibadah haji.

Kenapa demikian, karena dalam pelaksanaan manasik kali ini jemaah harus jalan kaki dari Gedung JHK sampai ke Alun-alun Simpang Tujuh Kudus yang jaraknya sekitar 2 kilometer.

"Ini untuk melatih fisik dan panduan ibadah haji nantinya. Kemudian calon jemaah juga disarankan untuk olahraga," kata Sururi.

Terpisah, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kudus, Asrul Fatkhi, berujar, tahun ini ada 494 calon jemaah haji asal Kudus yang berangkat. Mereka terbagi atas tiga kelompok terbang (kloter), yaitu kloter 7, 8, dan 9.

Untuk kloter 7 jadwalnya harus sudah sampai embarkasi Donohudan pada 7 Juni 2022 pukul 08.00 WIB. Kemudian kloter 8 harus sampai Donohudan pada tanggal 8 Juni 2022 pukul 08.00 WIB dan kloter 9 sampai Donohudan pada tanggal yang sama pukul 14.00 WIB.

Terkait jumlah calon jemaah haji yang berangkat tahun ini, katanya, ditentukan oleh Kemenag Jawa Tengah. Pihaknya tinggal menerima siapa saja yang berangkat.

"Yang memverifikasi siapa yang berangkat Kanwil Kemenag Jateng. Kami terima jadi. Sudah by name," kata Fatkhi.

Jumlah jemaah haji asal Kudus tahun ini tentunya lebih sedikit dibanding musim haji pada 2019. Sebab ada pembatasan calon jemaah yang diberlakukan Pemerintah Arab Saudi termasuk pembatasan usia karena pandemi Covid-19, yakni jemaah haji yang boleh berangkat adalah mereka yang berusia di bawah 65 tahun. Selain itu, calon jemaah haji harus sudah vaksin lengkap.

"Rencana pemberangkatan haji 2020 jumlah jemaah asal Kudus 1.031 orang, ini yang berangkat cuma 494 orang. Yang berangkat ini juga bagian dari calon jemaah yang harusnya berangkat 2020," kata dia. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved