Banjir

Lagi-lagi Banjir Rob Rendam Wilayah Karangsari Kabupaten Kendal

Banjir rob kembali menggenangi sejumlah permukiman di wilayah pesisir Kabupaten Kendal.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Saiful Masum
Banjir rob kembali menggenangi sejumlah rumah di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Kendal, Kabupaten Kendal, Minggu (5/6/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Banjir rob kembali menggenangi sejumlah permukiman di wilayah pesisir Kabupaten Kendal. Di antaranya adalah Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Kendal.

Ketua Karangtaruna Karangsari, Imam Purwanto mengatakan, banjir rob di wilayah tersebut kembali datang sejak Sabtu (4/6/2022) kemarin.

Padahal, air rob sempat berhenti pada akhir Mei lalu selama beberapa hari dan kembali membanjiri perumahan warga.

"Banjir rob ini mulai datang lagi kemarin, ini hari kedua dan bertambah tinggi," terangnya, (5/6/2022).

Menurut Imam, banjir rob kali ini menggenangi 40-50 rumah warga di wilayah Kelurahan Karangsari. Ketinggian air diperkirakan mencapai 30-40 sentimeter.

Selain itu, kata dia, air rob juga menggenangi tambak-tambak warga, sehingga menyebabkan ikan berhamburan lepas berpindah tempat. Hal itu dikarenakan tanggul-tanggul tambak jebol tidak bisa menahan derasnya arus dari arah laut.

Dia berharap, pemerintah tidak tinggal diam untuk membantu permasalahan banjir rob yang melanda wilayah pesisir pantai Kabupaten Kendal.

"Air masuk mulai jam 14.00 WIB naik ke perkampungan. Sementara saat ini belum ada warga mengungsi, untuk konsumsi kebutuhan sehari-hari belum ada, masih cari sendiri-sendiri," kata dia. 

Imam memastikan, semua informasi utamanya banjir rob dari BMKG selalu diteruskan ke warga secepat mungkin. Supaya warga lebih siaga dan waspada menghadapi potensi kebencanaan yang datang. 

"Saya harap warga Karangsari dan sekitarnya bisa diperhatikan lagi terkait banjir rob ini. Karena warga kesulitan beraktivitas jika terus berlangsung seperti sekarang, nelayan juga sulit melaut," harapnya. (Sam)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved