Universitas Nasional Karangturi

Membangun Kepemimpinan dalam Diri

Sifat kepemimpinan bisa kita bangun dari yang paling dasar terlebih dahulu, yaitu kepemimipinan diri.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: Editor Bisnis
IST
Winnie Annabelle Angela Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 

Kepemimpinan itu adalah cara agar kita sukses ke depannya. Sifat kepemimpinan bisa kita bangun dari yang paling dasar terlebih dahulu, yaitu kepemimipinan diri. Jika kita tidak bisa memimpin dan mengatur diri sendiri, bagaimana kita bisa memimpin orang lain? Kepemimpinan diri itu adalah dasar untuk menjadi seorang pemimpin, tetapi tidak semua orang memilikinya. Maka dari itu, kita harus membangunnya dalam diri kita. Sebenarnya apa itu kepemimpinan diri atau self-leadership? Apa saja aspek dalam kepemimpinan diri? Mengapa kepemimpinan diri itu penting? Bagaimana cara melatih jiwa kepemimpinan dalam diri?

Kepemimpinan diri adalah di mana seseorang secara sengaja memengaruhi pemikiran, perasaan, dan tindakan mereka sendiri untuk mencapai tujuan akhir yang diharapkan. Ada beberapa aspek yang penting dan harus dikuasai oleh tiap orang untuk membangun kepemimpinan diri yaitu: self-awareness, self-management, other management serta other awareness. Self-awareness adalah kemampuan seseorang mengenali diri sendiri untuk memahami perasaan, pikiran dan evaluasi diri. Self-awareness membantu diri untuk memahami kekuatan, kelemahan, potensi dan nilai dalam diri. Self-management yaitu kemampuan seseorang untuk mengendalikan diri terhadap sesuatu yang akan diucapkan atau dilakukan. Selanjutnya, other-awareness adalah kemampuan seseorang untuk mengenali kekurangan dan kelebihan yang dimiliki orang lain. Terakhir, other-management adalah kemampuan seseorang untuk memotivasi orang lain untuk mengembangkan potensi dan memenuhi tujuan suatu organisasi. Ketika seseorang sudah mempunyai empat aspek itu dalam dirinya, ia sudah memiliki kemampuan dasar untuk memimpin.

Lalu, alasan mengapa kepemimpinan diri itu penting karena jika seseorang mempunyai kepemimpinan diri, ia akan melatih diri untuk selalu fokus dan terus berusaha untuk mengembangkan potensi agar tujuan akhir nya tercapai. Seseorang harus bisa mengendalikan dirinya sendiri jika ingin membangun kepemimpinan diri.
Bagaimanapun juga, jiwa kepemimpinan seseorang akan keluar jika dilatih dengan tepat. Berikut ada beberapa cara untuk melatih jiwa kepemimpinan dalam diri:

1. Percaya Diri

Percaya diri adalah salah satu kunci utama untuk melatih kepemimpinan diri atau self-leadership. Percaya diri adalah kunci bagi kita untuk tampil lebih baik. Dengan percaya diri, maka lebih banyak potensi dan kelebihan yang akan terlihat.

2. Berpikir Positif

Pikiran positif akan sangat mempengaruhi seseorang dalam menghadapi masalah. Ketika seseorang berpikir secara positif, maka ia akan tenang dalam membuat keputusan dan keputusan tersebut adalah yang memiliki dampak buruk terkecil.

3. Bertanggung Jawab

Artinya, seseorang harus berani mengambil resiko. Dengan ini, seseorang jadi belajar bagaimana cara mengambil keputusan dan apa dampaknya di kemudian hari. Berani mengambil keputusan artinya siap menerima kesalahan dan memperbaikinya.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa setiap orang harus bisa memimpin diri sendiri. Sifat itu bisa dibangun dan diterapkan apabila seseorang mempunyai tekad yang kuat dan memiliki rasa ingin berkembang serta memiliki tujuan.


Informasi lebih lanjut : Jl. Raden Patah No. 182-192, Semarang. Telp. 024-3545882/08112710322 atau IG @universitasnasionalkarangturi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved