Berita Semarang

Dosen ELektro Undip Ajak Santri Mulai Beralih ke Energi Terbarukan

Mahasiswa Teknik Elektro bersama para dosen gadakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Penulis: hermawan Endra | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Hermawan Endra
Mahasiswa Departemen Teknik Elektro bersama para dosen Teknik Elektro mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Pondok Pesantren Nurul Hikmah, Baskoro, Kecamatan Tembalang, Semarang, Rabu (15/6/2022) sore. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mahasiswa Departemen Teknik Elektro bersama para dosen Teknik Elektro mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Pondok Pesantren Nurul Hikmah, Baskoro, Kecamatan Tembalang, Semarang, Rabu (15/6) sore.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh lima mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Diponegoro yaitu Agung Tri Saputra, Annisa Cahyaning Ratri, Daniel Christian Bangun, Fahmi Muhammad Shidqi, Tazkiya Muthmainnah S, dan Yu

Mahasiswa Departemen Teknik Elektro bersama para dosen Teknik Elektro mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Pondok Pesantren Nurul Hikmah, Baskoro, Kecamatan Tembalang, Semarang, Rabu (15/6/2022) sore.
Mahasiswa Departemen Teknik Elektro bersama para dosen Teknik Elektro mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Pondok Pesantren Nurul Hikmah, Baskoro, Kecamatan Tembalang, Semarang, Rabu (15/6/2022) sore. (Tribun Jateng/Hermawan Endra)

suf Izzul Haq.

Selain itu, kegiatan ini dihadiri oleh dosen pendamping yaitu Dr Abdul Syakur ST. MT selaku ketua Tim Pengabdian Masyarakat,  Karnoto , ST. MT, Imam Santoso, ST. MT, dan Yuli Christyono ST. MT selaku dosen pendamping.

Sasaran dari kegiatan ini adalah para santri di Pondok Pesantren Nurul Hikmah Baskoro Kecamatan Tembalang yang terdiri dari santri dan santriwati.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan penghematan listrik dan instalasi listrik. Diharapkan para peserta dapat memahami bagaimana cara menghemat listrik dan juga mengetahui instalasi listrik yang benar dan sesuai standar.

Pada kegiatan tersebut para mahasiswa memaparkan tentang penghematan energi listrik dan instalasi listrik. 

Para mahasiswa menjelaskan bagaimana cara menghemat energi listrik, menjelaskan perilaku hemat energi seperti melepas steker peralatan elektronik yang sudah tidak terpakai. 

Selain itu, mahasiswa juga menjelaskan mengenai jenis sambungan kabel dan instalasi listrik, dan juga cara-cara menerapkan instalasi listrik yang benar seperti tidak menggunakan stop kontak yang bertumpuk dan tidak menggunakan instalasi listrik yang illegal. 

Para mahasiswa menjelaskan mengenai penyebab korsleting listrik dan bahaya listrik saat musim hujan.

Harapannya dengan adanya kegiatan sosialisasi ini para penduduk pondok pesantren nurul hikmah dapat menerapkan perilaku hemat energi listrik dan mengaplikasikan instalasi listrik yang benar dan sesuai standar agar terhindar dari bahaya listrik seperti kesetrum dan kebakaran. 

Selain itu, diharapkan mereka dapat lebih waspada akan bahaya listrik saat musim hujan seperti menghidari berteduh di bawah pohon yang berdekatan dengan jaringan listrik dan memastikan MCB di kWh meter telah dimatikan.

Tema penghematan energi listrik dan instalasi listrik dipilih karena selama ini banyak masyarakat yang belum paham dampak nyata dari perilaku hemat energi. 

Padahal dengan menerapkan perilaku penghematan energi dapat menekan biaya pengeluaran untuk listrik. Selain itu, penerapan instalasi listrik yang benar akan melindungi pengguna dari bahaya listrik yang dapat mematikan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved