Berita Pati

Pati Jadi Tuan Rumah Kejurprov Catur Jateng 2022 dan Musprov Percasi

Kabupaten Pati menjadi tuan rumah gelaran Kejuaraan Provinsi Catur Jawa Tengah 2022.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Disaksikan Bupati Pati Haryanto dan jajaran Forkopimda, Anggota DPRD Pati Endah Sri Wahyuningati mengambil langkah catur pertama sebagai simbol dibukanya Kejurprov Catur Jateng 2022, Senin (20/6/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Kabupaten Pati menjadi tuan rumah gelaran Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur Jawa Tengah 2022.

Tak hanya itu, kegiatan empat tahunan Musyawarah Provinsi (Musprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Pati juga diadakan di Pati.

Pembukan Musprov Percasi dan Kejurprov Catur Jateng ini dilakukan oleh Bupati Haryanto di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (20/6/2022).

Ketua Percasi Pati, Andi Tamrin Wibisono, menyebut bahwa momen menjadi tuan rumah Kejurprov merupakan sejarah baru bagi Kabupaten Pati.

"Patut disyukuri. Krusial juga karena ada pemilihan Ketua Percasi Jateng 2022-2026. Jadi bukan hanya Kejurprov, tapi juga Musprov," kata pria yang dicalonkan menjadi suksesor Ketua Percasi Jateng ini.

Andi menuturkan, Kejurprov Catur Jateng 2022 ini digelar di SMAN 2 Pati mulai siang ini hingga Minggu (26/6/2022) malam.

"Tapi ada kemungkinan bisa diajukan Sabtu malam. Nanti dewan wasit yang menentukan," kata dia.

Jumlah peserta kejuaraan ini ialah 270 orang. Menurut Andi, ini jumlah peserta yang lumayan membanggakan. Sebab, tidak mudah mendapatkan peserta sebanyak itu setelah pandemi Covid-19.

"Tapi rekor jumlah peserta masih dipegang Piala Bupati (Pati) tahun 2019, 323 peserta, sampai sekarang di Jateng belum ada yang memecahkan," kata dia.

Andi menuturkan, pada Kejurprov kali ini, Percasi Pati menurunkan 12 atlet junior dan 10 atlet senior.

Ia berharap di antaranya ada yang berhasil meraih medali emas. Sebab selama ini atlet catur asal Pati belum pernah meraih emas. Tertinggi hanya medali perak.

Sementara, Bupati Pati Haryanto menilai ajang Kejurpov Catur ini mendukung persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2023 yang rencananya digelar di Pati Raya.

"Memang Cabor catur Porprov (venue-nya) tidak di Pati. Namun kami sambut baik Kejurprov ini supaya atlet bisa berkembang, tidak stagnan," kata dia.

Haryanto mengatakan, jika organisasi olahraga, dalam hal ini Percasi diam tanpa berkegiatan, atletnya yang akan jadi korban.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved