Berita Nasional

Kata Pengamat soal Jokowi yang Hampir Salah Sebut Nama Kabinet di Rakernas PDIP

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat salah menyebut nama kabinetnya saat menyampaikan sambutan di Rakernas PDIP.

Screenshot YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat salah menyebut nama kabinetnya saat menyampaikan sambutan di Rakernas PDIP.

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai apa yang dialami Jokowi tersebut bisa diartikan bermacam-macam.

Terlebih, soal adanya spekulasi yang berkembang ketika Jokowi hampir menyebutkan Kabinet Indonesia Bersatu, banyak pihak mengasosiasikan hal tersebut ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Baca juga: Kegigihan Anak Yatim Rawat Sapi Peninggalan Ayah, Kini Dibeli Jokowi untuk Kurban Idul Adha


"Bisa juga mas, karena aspek komunikasi, pesan yang kita lontarkan kepasa orang lain diproses melalui dalam pikiran dan proses yang ada di dalam pikiran kita bisa spontan atau memang direncanakan," kata Emrus Sihombing kepada Tribunnews, Rabu (22/6/2022).

Kendati demikian, Emrus menilai itu tak berarti bisa diartikan Jokowi langsung nyaman bekerja dengan orang-orang di Koalisi Indonesia Bersatu.

"Semua menteri mau bagian dari KIB atau bukan itu konteksnya beda, dan Pak Jokowi pasti nyaman dengan semua menterinya, karena itu pembantunya," kata dia.


Karena itulah, jika ada yang berspekulasi soal Jokowi nyaman dengan KIB, maka itu sudah berbeda dalam konteks.

"Dan tak ada relasi ketatanegaraan antara Pak Jokowi dan KIB. Saya juga melihat juga tak ada relasi politik karena memang berbeda konteksnya," pungkasnya.

Sebelumnya, ada momen unik saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi sambutannya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022)

 
Jokowi sempat salah menyebut nama kabinetnya saat menyampaikan sambutan di Rakernas PDIP.

Jokowi sempat menyebut Kabinet Indonesia Bersatu, yang kemudian diralat menjadi Kabinet Indonesia Maju.

Diketahui, Kabinet Indonesia Bersatu adalah nama yang dipakai untuk kabinet di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat periode pertama dan kedua.

Awalnya, Jokowi menyapa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, lalu Ketua DPR Puan Maharani, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan seluruh jajaran partai.

Barulah kemudian ini Jokowi salah menyebut nama kabinetnya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved