PMK

Pemkab Sragen Mulai Melakukan Vaksinasi PMK

Pemerintah Kabupaten (Pemkab Sragen) melakukan pencanangan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Gentan Banaran, Kecamatan Plupuh, Sragen.

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab Sragen) melakukan pencanangan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Gentan Banaran, Kecamatan Plupuh, Sragen.

Pencanangan sekaligus penyuntikan kepada hewan ternak sapi dilakukan oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni, Minggu (3/7/2022).

Camat Plupuh, Edi Purwanto menyampaikan kasus PMK di Kecamatan Plupuh mencapai 39 kasus. Sebanyak 21 sapi sembuh, sisanya setelah dicek dalam kondisi baik dan dalam masa pengobatan.

"Laporan PMK di Plupuh ada 39 kasus, 21 sapi sembuh sisa 18 di kroscek sudah dalam kondisi membaik dan tidak ada yang mati," kata Edi.

Jelang penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha, dirinya memastikan proses hewan yang akan disembelih harus memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

Sementara itu Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mewanti-wanti kepada warga hewan ternak yang sakit tidak boleh dikurbankan.

tidak
Ada penolakan sosialisasi terus menerus memberikan pemahaman akan dilakukan eliminasi seperti itu, seperti vaksin covid ada penolakan

Semua lini bergerak gotong royong

Dia melanjutkan hewan yang sakit tidak boleh divaksinasi, harus dikarantina atau dipisahkan dengan ternak lain agar tidak menular lantas diobati.

"Dibedakan sapi sehat dan yang sakit, kalau dijadikan satu nanti menular. Begitupun ketika sakit tidak boleh dipotong. Mati karena PMK dikubur jangan dibuang di sungai atau manapun," pesan Yuni.

Yuni meminta agar masyarakat paham mengenai hal tersebut. Bahwa hewan dalam keadaan sehat yang boleh dikurbankan.

Mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah bekerjasama dengan Polres Sragen dan Dandim 0725/Sragen.

Babinsa dan Babinkantibmas akan ditugaskan untuk mengecek kesehatan hewan kurban sebelum disembelih. Hewan yang tidak memiliki SKKH tidak diperbolehkan disembelih. (uti)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved