PLN Distribusi Jateng & DIY

Jangkau Lokasi Terpencil, PLN Susuri Medan Berat Untuk Sambung Listrik

PLN terus mengupayakan listrik dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat bahkan di tempat terpencil sekalipun.

Editor: Editor Bisnis
IST
Dusun Sawangan, Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan menjadi salah satu Dusun yang mendapatkan listrik dari PLN 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - PLN terus mengupayakan listrik dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat bahkan di tempat terpencil sekalipun. Hal ini merupakan bagian dari komitmen PLN dalam menerangi negeri.

Dusun Sawangan, Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan menjadi salah satu Dusun yang mendapatkan listrik dari PLN. Terletak di daerah perhutanan, akses jalan menuju Dusun ini dipenuhi dengan tikungan tajam, tanjakan curam dengan jurang yang cukup dalam di sisi luarnya dan tanah tebing di sisi dalamnya, sehingga untuk memobilisasi tiang dan perlengkapan lain, tim PLN membutuhkan upaya ekstra seperti memapras bukit agar truk pengangkut bisa lewat.

Dusun Sawangan, Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan menjadi salah satu Dusun yang mendapatkan listrik dari PLN
Dusun Sawangan, Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan menjadi salah satu Dusun yang mendapatkan listrik dari PLN (IST)

Tak jarang saat turun hujan wilayah ini dilanda tanah longsor yang menutup akses jalan yang hanya dapat dilalui satu mobil ini dengan tanah.

“Dari sini sampe ke ibukota kecamatan saja 18 kilometer, jalannya itu banyak tikungan tajam dan tanjakan curam, ya sangat ekstrim lah,” ujar Kepala Desa Tlogopakis, Suryat Dasim saat kunjungan General Manager PLN UID Jateng & DIY dan Kepala Dinas ESDM Jateng pada Rabu, (6/7).

Dasim menambahkan listrik dari PLN telah dinanti warganya, sebelumnya Dusun ini mengandalkan PLTMH untuk mengaliri listrik sebanyak 42 kepala keluarga. 

Namun akibat longsor yang terjadi pada Januari 2022 lalu PLTMH ini tidak bisa beroperasi sehingga warga mengandalkan genset untuk penerangan.

“Waktu ada bencana longsor, PLTMH terdampak, sehingga tidak dapat beroperasi. Sebelum ada PLTMH kami menggunakan sentir (lampu teplok),” tambahnya.

Dengan adanya listrik PLN ini, Dasim berharap dapat mempermudah aktivitas warganya.

Akses jalan yang sulit tidak menyurutkan semangat petugas PLN dalam membangun jaringan listrik untuk Dusun Sawangan. 

General Manager PLN UID Jateng & DIY, M. Irwansyah Putra mengatakan hingga saat ini proses pekerjaan pembangunan jaringan listrik ini telah rampung sekitar 50 persen.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved