Berita Sragen

Semua Permasalahan Bisa Diselesaikan di Rumah Restorative Justice, Kecuali Ini

Pemkab Sragen kini punya rumah restorative justice pertama di Desa Jetak, Sidoharjo.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani
Simulasi penyelesaian masalah di rumah restorative justice Desa Jetak, Kecamatan Sidoharjo, Rabu (27/7/2022) 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen kini punya rumah restorative justice pertama di Desa Jetak, Kecamatan Sidoharjo. Hal ini atas kerjasama Pemdes Jetak, Kejaksaan Negeri Sragen dan Pemkab.

Kepala Kejaksaan Negeri Sragen, Ery Syarifah mengatakan seluruh permasalah apa yang di masyarakat dapat diselesaikan di dalam rumah restorative justice. Dari masalah kecil antar warga, perdata hingga pidana.

Penyelesaian dalam rumah restorative justice ini mengedepankan musyawarah untuk mencapai mufakat bersama tanpa jalur hukum atau ke ranah pidana.

"Di rumah restorative justice ini kita bisa menyelesaikan semua masalah baik perdata dan pidana kecuali kasus narkotika pembunuhan psikotropika dan undang-undang kesehatan tidak mungkin bisa kami selesaikan," kata Ery, Rabu (27/7/2022).

Namun apabila ada permasalahan yang tidak dapat diselesaikan secara kekeluargaan di rumah restorative justice ini pihaknya akan  memberikan pelayanan hukum.

Di Jawa Tengah sendiri, kata Ery ada 33 rumah restorative justice. Namun di Sragen baru pertama, dirinya akan bekerjasama dengan Pemkab dan Polres untuk membangun rumah restorative justice di seluruh desa di Sragen.

Sementara itu, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menambahkan petugas di rumah restorative justice ini akan menggandeng seluruh laporan.

Baik dari Kejaksaan Negeri, Babinsa, Bhabinkamtibmas hingga pihak desa bahkan akan ada dua pengacara gratis untuk masyarakat. 

"Biasanya kalau ada permasalahan di desa seperti misalnya kecurangan Pilkades diselesaikan di Balai Desa harapannya nanti bisa diselesaikan di sini," katanya.

Meskipun berada di Desa Jetak, Bupati menyampaikan seluruh masyarakat Sragen bisa menyelesaikan di rumah restorative justice ini.

Namun diharapkan ke depan akan ada rumah restorative justice di masing-masing desa atau di perwakilan setiap eks-kawedanan. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved