Berita Jepara

KPU Jepara Bentuk Help Desk, Buka Layanan Konsultasi Pendaftaran Parpol

Anggota KPU Jepara Muhammadun, mengatakan  help desk dibentuk sejak 29 Juli 20222 lalu

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: muslimah
KPU Jepara
Angggota KPU Kabupaten Jepara menggelara rapat ihwal kesiapan personel help desk, Kantor KPU Jepara, Senin (1/8/2022) kemarin.(Dok. KPU Jepara). 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara  membentuk help desk.

Pembentukan ini untuk pelayanan konsultasi persyaratan pendaftaran partai politik peserta pemilu anggota DPR dan DPRD melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor  4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, pendaftaran parpol berlangsung selama dua pekan, 1-14 Agustus 2022. Pendaftaran dilakukan oleh parpol di KPU RI. 

Anggota KPU Jepara Muhammadun, mengatakan  help desk dibentuk sejak 29 Juli 20222 lalu. Pihaknya menyiapkan pelayanan dalam tahapan ini, khususnya bagi partai politik di tingkat kabupaten. 

“KPU RI sudah memberikan petunjuk teknis terkait fasilitasi dan konsultasi pemenuhan persyaratan parpol peserta pemilu. Kami di KPU kabupaten memedomani petunjuk teknis itu dengan membentuk help desk yang kerangka kerjanya adalah melayani,” kata Muhammadun, dalam keterangannya kepada tribunmuria.com, Selasa (2/8/2022).

Di tengah dan setelah tahapan pendaftaran, juga ada tahapan verifikasi.  Verifikasi administrasi akan berlangsung 2 Agustus-11 September 2022. Sedangkan verifikasi faktual untuk kepengurusan dan keanggotaan pada 15 Oktober 2022-4 November 2022. 

KPU RI akan menetapkan partai politik pada 14 Desember 2022. 

KPU menggunakan Sipol sebagai alat bantu kerja dalam menginput data dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan.

Muhammadun menjelaskan, help desk di KPU Jepara pada tahapan masa pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol akan melayani sertiap hari, Senin-Minggu pukul 08.00-17.00. Khusus di hari terakhir pendaftaran, yakni 14 Agustus 2022 help desk akan buka sampai tengah malam, pukul 23.59. 

“Pembentukan help desk ini merupakan upaya KPU dalam meningkatkan pelayanan ke parpol calon peserta pemilu. Kami juga mengagendakan pertemuan pelayanan melalui online, surat elektronik, juga tatap muka,” kata dia menjelaskan.

Dia menambahkan, KPU Jepara telah menggelr rapat pada Senin (1/8/2022), untuk memastikan semua personel help desk telah siap bertugas. Rapat di ruang komisioner dipimpin Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri bersama empat komisioner lainnya, yakni Muntoko, Ris Andy Kusuma, Muhammadun, dan Siti Nurwakhidatun.

Hadir juga juga Sekretaris KPU Da’faf Ali, seluruh kasubbag. Selain itu rapat juga dihadiri ketua, sekretaris, dan koordinator help desk.  (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved