Berita Kudus

Digunakan Syuting Gadis Kretek, Museum Kretek Kudus Tutup Tiga Hari

Museum Kretek Kudus tutup selama tiga hari sejak Rabu sampai Jumat (3-5/8/2022). Penutupan tersebut lantaran museum digunakan untuk syuting

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: Catur waskito Edy

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Museum Kretek Kudus tutup selama tiga hari sejak Rabu sampai Jumat (3-5/8/2022). Penutupan tersebut lantaran museum digunakan untuk syuting film berjudul Gadis Kretek.

Film yang dibintangi oleh aktor kenamaan Tanah Air yakni Dian Sastrowardoyo, Putri Marino, Arya Saloka, Tissa Biani, dan Sheila Dara diadaptasi dari novel dengan judul sama karya Ratih Kumala yang terbit pada 2012. Novel tersebut juga menempati 10 besar penerima penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa.

Dalam novel ini mengisahkan perjalanan rokok kretek di tiga masa sekaligus. Yakni masa penjajahan Jepang, awal kemerdekaan, dan masa modern. Sekaligus mengisahkan sejarah dalam masa-masa tersebut.

Pantauan di Museum Kretek, Rabu (3/8/2022), area pamer atau ruang utama museum tertutup rapat oleh kain putih. Lighting dipasang di beberapa sudut luar museum. Sementara para kru tampak sibuk.

Kepala UPT Museum Kretek, Yusron, mengatakan, baginya adalah sebuah kehormatan Museum Kretek jadi lokasi syuting. Sebab itu bisa menjadi ajang promosi wisata bagi Kudus.

“Saya harapkan momentum sekaligus menjadi ajang mempromosikan Kudus terutama Museum Kretek. Saya harapkan Museum Kretek bisa dikenal lebih luas di Indonesia atau di luar negeri terwujud,” kata dia.

Adapun area museum yang jadi lokasi syuting yakni di ruang pamer dan replika rumah kawedanan. Setiap area syuting ditutup agar suara dari luar tidak masuk.

“Untuk semua area ditutup selama tiga hari karena film ini tidak menggunakan dubbing, dikhawatirkan kalau ada pengunjung suara yang berisik masuk nanti bocor,” kata dia. (*)

Baca juga: Viral Pria Penjual Nasi Padang di Purwokerto Lecehkan 3 Bocah Laki-laki, Ini Tampangnya

Baca juga: Prediksi Timnas U16 Indonesia Vs Singapura Piala AFF U16 2022, Bima Sakti Siap Hadapi The Lions

Baca juga: Duta Genre Kendal Diminta Perangi 3 Permasalahan, dari Seks Pra Nikah hingga Narkoba

Baca juga: Disdikpora Kudus Tunggu Petunjuk Kementerian Soal Penarikan Buku PPKn

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved