Berita Nasional

Abu Bakar Baasyir: Pancasila Syirik, Saya Begitu Dulu, Setelah Saya Pelajari Ndak Mungkin

Abu Bakar Baasyir (ABB) telah mengakui bahwa Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, tidak bertentangan dengan Tauhid.

Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Khoirul muzaki
Abu Bakar Baasyir (ABB) telah mengakui bahwa Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, tidak bertentangan dengan Tauhid. 

TRIBUNJATENG.COM - Abu Bakar Baasyir (ABB) telah mengakui bahwa Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, tidak bertentangan dengan Tauhid.

Bahkan, Abu Bakar Baasyir menyatakan bahwa Pancasila sudah sesuai akidah Islam karena berdasar Tauhid.

Hal itu disampaikan sebagaimana dalam video yang diunggah di media sosial.

"Indonesia berdasarkan Pancasila itu mengapa disetujui ulama? Karena dasarnya Tauhid. Ketuhanan Yang Maha Esa," ucap pendidiri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukmin Ngruko, Kecamatan Grogol, Sukoharjo dalam video tersebut.

Di video tersebut, Abu Bakar Baasyir mengakui jika ia sempat menganggap Pancasila itu syirik.

Namun setelah mempelajarinya, ia mengaku jika Pancasila ada dasar negara Indonesia.

"Dulunya saya, Pancasila itu syirik. Saya begitu dulu. Tapi setelah saya pelajari selanjutnya, ndak mungkin ulama menyetujui dasar negara syirik. Itu ndak mungkin. Karena ulama itu mesti niatnya ikhlas," ungkapnya.

Dalam video itu ulama berpengaruh dan tokoh di balik organisasi teror Jemaah Islamiyah yang pernah berniat mendirikan negara Islam, mengenakan peci hitam dan menjelaskan dengan sederhana mengapa para ulama mendukung Pancasila.

Ba'asyir jelas mengisyaratkan ia mendukung hal yang sama, sesuatu yang dulu ditentangnya.

Dikutip dari VOA Indonesia, terdapat rekaman video yang berdurasi lebih panjang.

Dalam video berdurasi 2 menit itu jelas menunjukkan bahwa yang dikritik Ba'asyir selama ini adalah wacana mengubah Pancasila menjadi trisila atau ekasila, yang sempat mengemuka dalam pasal 7 draf RUU Haluan Ideologi Pancasila dua tahun lalu.

"Kalau Pancasila diamalkan secara jujur, Ketuhanan Yang Maha Esa itu sudah menunjukkan ada ajaran Islam. Selama ini ada yang menyalahi Pancasila, ada usaha mau dirubah Trisila maupun Ekasila, menghilangkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa," kata Ba'asyir.

Direkam saat Ramadhan

Saat dikonfirmasi secara terpisah, putra ABB, Abdul Rohim membenarkan jika pria yang ada di video tersebut adalah ayahnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved