Berita Kendal

Kembangkan Event Olahraga, Polifurneka Bakal Gandeng Ribuan Goweser Lintas Daerah

Ada yang unik dalam pembelajaran di Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu (Polifurneka) Kabupaten Kendal.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: rival al manaf
Dok Polifuneka Kendal
Ribuan goweser asal Kendal mengikuti funbike yang diselenggarakan Polifurneka, akhir pekan lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Ada yang unik dalam pembelajaran di Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu (Polifurneka) Kabupaten Kendal, utamanya Program Studi (Prodi) Manajemen Bisnis Industri Furnitur.

Mahasiswa diarahkan untuk mendukung program pembangunan daerah, satu di antaranya mengembangkan event-event olahraga.

Pada tahun ini, sebanyak 60 mahasiswa menggelar event funbike dengan menggandeng 1.300 goweser dari berbagai komunitas sepeda Kendal. Rencananya, event tersebut bakal dikembangkan lebih meriah lagi dengan menggandeng ribuan goweser dari komunitas sepeda lintas daerah pada tahun depan.

Kepala Prodi Manajemen Bisnis Industri Furnitur, Yogi Akbar mengatakan, saat ini ada 119 mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di bawah bimbingannya.

Kata dia, tahun ini bakal bergabung 30 calon mahasiswa, dan telah meluluskan 33 mahasiswa berkompeten.

Yogi menuturkan, pihaknya bakal memanfaatkan mata kuliah manajemen event untuk bisa memberikan sumbangsih bagi kemajuan daerah. 

Melalui praktik lapangan, dia berharap bakal tercipta event yang lahir dari ide-ide kreatif mahasiswa guna menggerakkan roda perekonomian masyarakat, utamanya bagi UMKM dan IKM.

"Akhir pekan lalu, kami berhasil menggelar funbike 1.300 pesepeda Kendal. Ini sejarah bagi kami, dan hasilnya cukup bagus dengan program yang inovatif. Mahasiswa memberikan satu produk terbaiknya berupa kursi sofa senilai Rp 12 juta dan beberapa hadiah lainnya," terangnya, Rabu (10/8/2022).

Yogi menekankan, mahasiswa juga dilatih berkomunikasi dengan pemerintah daerah dan beberapa pihak terkait, agar suatu saat bisa menyampaikan ide-ide pembangunan untuk kemajuan daerah. 

Dia berharap, suatu saat nanti bisa menyusun konsep kegiatan tahunan yang lebih meriah dan menjadi kegiatan yang bermanfaat langsung bagi masyarakat.

"Ini hal yang baru bagi kami, dan kami mampu melaksanakannya itu. Kami akan siapkan lebih matang untuk event tahun depan, sehingga lebih meriah dan bisa menarik peserta dari berbagai kabupaten/kota," harapnya. 

Direktur Polifurneka Kendal, Tri Ernawati menyampaikan, event serupa bakal terus dilakukan setiap tahun sebagai batu loncatan para lulusan agar bisa berkontribusi bagi masyarakat dan pemerintah daerah. 

Kata dia, event gowes bersama tahun ini merupakan yang pertama diadakan oleh Polifurneka dan menjadi event gowes teramai yang diadakan di Kabupaten Kendal sepanjang 2022. 

Tri berharap, ke depan bakal lahir event-event menarik lainnya yang bisa dikolaborasikan oleh berbagai pihak untuk lebih mengenalkan Kabupaten Kendal ke kancah nasional dan internasional. 

"Sebagai pendatang baru, ini bagian dari tantangan kami untuk bisa melakukan sesuatu seinovatif mungkin. Tidak hanya di bidang furnitur saja, tapi juga bidang industri dan bidang-bidang lainnya, dengan upaya menggandeng pelaku kesenian dan kebudayaan," harap Tri. (Sam)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved