Sukoharjo Makmur

Pemkab Sukoharjo Siap Sukseskan Program Kejar Sejuta Kelapa Genjah, Kolaborasi dengan Stakeholder

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo menyambut positif program kejar satu juta tanam Kepala Genjah oleh pemerintah pusat

Penulis: khoirul muzaki | Editor: Catur waskito Edy
khoirul muzaki
Bupati Sukoharjo Etik Suryani mendampingi Presiden Jokowi saat penanaman kelapa genjah di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, (11/8/2022) lalu 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO -- Pemerintah Kabupaten Sukoharjo menyambut positif program kejar satu juta tanam Kepala Genjah oleh pemerintah pusat.  Terlebih, sasaran program itu juga ada di Kabupaten Sukoharjo. 

Kabupaten Sukoharjo mendapat kuota 110 ribu bibit kelapa genjah dari pemerintah pusat. Kuota ini adalah yang terbesar di antara Kkbupaten lain di wilayah Solo Raya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo Bagas Windaryatno  mengatakan, pihaknya sudah menyosialisasikan program ini ke masyarakat melalui lembaga tani, penyuluh pertanian, hingga Gapoktan di desa-desa. 

Mereka ternyata antusias menyambut program ini. 

"Gayung bersambut. Karena karakter masyarakat Sukoharjo mudah menerima inovasi, " katanya Sabtu (13/8/2022) 

Antusiasme masyarakat itu, menurut dia, terbukti dari semangat mereka dalam melakukan persiapan-persiapan untuk penanaman bibit kelapa genjah di lingkungan mereka. 

Pemkab Sukoharjo juga berkomitmen untuk menyukseskan program ini ke depannya. Pihaknya akan berkolaborasi dengan stakeholder, baik pemerintah, swasta, maupun akademisi untuk menyukseskan program ini. 

"Supaya kejar 1 juta kelapa genjah di Sukoharjo berhasil, " katanya,  

Terpisah, Dirjen Pekebunan Andi Nur Alamsyah mengatakan, bibit kelapa genjah jenis Entok Bali, Nias dan Pandaiwangi ditanam di wilayah Solo Raya.

Di Sukoharjo, penanaman kelapa genjah akan dilakukan dengan pembagian 60 persen ditanam di pekarangan, dan 40 persen di hamparan di beberapa desa. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved