Berita Slawi

Bupati Tegal Umi Azizah Kukuhkan 30 Paskibraka, Beri Manfaat dan Pengaruh Positif Pada Lingkungan

Jelang upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Rabu (17/8/2022) besok, Bupati Tegal, Umi Azizah

Humas Pemkab Tegal
Bupati Tegal, Umi Azizah, saat melaksanakan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Tegal tahun 2022, berlokasi di Pendopo Amangkurat, Selasa (16/8/2022). Terlihat Umi juga memberikan selamat kepada Paskibraka yang terpilih atau lolos proses seleksi. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Jelang upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Rabu (17/8/2022) besok, Bupati Tegal, Umi Azizah, melaksanakan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Tegal tahun 2022, berlokasi di Pendopo Amangkurat, Selasa (16/8/2022). 

Mengenakan pakaian formal dibalut jas, Umi mengukuhkan sebanyak 30 anak Paskibraka yang sebelumnya sudah melewati proses seleksi dari sekolah masing-masing, baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Tegal. 

Saat menyampaikan sambutan, orang nomor satu di Kabupaten Tegal ini tidak lupa mengucapkan selamat kepada pasukan pengibar bendera yang telah melalui serangkaian proses seleksi panjang, dilatih, dan ditempa, sehingga bisa berdiri tegak untuk mengawal dan mengibarkan bendera “Sang Saka Merah Putih," pada upacara peringatan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022) besok. 

Tak lupa, apresiasi dan ucapan terima kasih juga Umi sampaikan kepada para instruktur yang sudah membina anggota Paskibraka. 

Begitu juga kepada orang tua yang telah memberikan dukungan dan motivasi kepada putra-putrinya, sehingga mereka bisa mengemban amanat menjalankan tugas negara sebagai anggota Paskibraka.

"Pada anggota Paskibraka, saya titip pesan agar nilai-nilai perjuangan bangsa, para pahlawan kita harus senantiasa diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bupati Tegal, Umi Azizah, saat melaksanakan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Tegal tahun 2022, berlokasi di Pendopo Amangkurat, Selasa (16/8/2022). Terlihat Umi juga memberikan selamat kepada Paskibraka yang terpilih atau lolos proses seleksi.
Bupati Tegal, Umi Azizah, saat melaksanakan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Tegal tahun 2022, berlokasi di Pendopo Amangkurat, Selasa (16/8/2022). Terlihat Umi juga memberikan selamat kepada Paskibraka yang terpilih atau lolos proses seleksi. (Humas Pemkab Tegal )

Sebagai pelajar kalian harus mampu menunjukkan keteladanan sebagai generasi pembelajar yang berprestasi, berdedikasi, berdisiplin, dan ber-etika," pesan Umi, pada Tribunjateng.com, Selasa (16/8/2022). 

Dijelaskan, pengukuhan ini memiliki makna simbolis, sebagai estafet pewarisan kepemimpinan dan pelestarian nilai-nilai semangat perjuangan bangsa kepada generasi muda, selaku penerus cita-cita kemerdekaan. 

Sementara untuk mencapai kemerdekaan republik ini, lanjut Umi, para pahlawan harus berjuang secara fisik dan diplomasi, berkorban harta, jiwa dan raga, demi menyatukan nusantara agar terbebas dari belenggu penjajahan, hingga mendapat pengakuan dunia atas kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Berikan manfaat dan pengaruh positif kepada lingkungan di manapun kalian berada, karena sesungguhnya ini bagian dari pengamalan nilai-nilai Pancasila,  kebaikan, dan kebenaran," ujarnya. 

Keyakinan Pancasila sebagai ideologi bangsa, dan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai landasan konstitusi bangsa, menurut Umi harus tertanam dan terpatri dihati sanubari Paskibraka. 

Di tengah perubahan cepat revolusi industri 4.0 (four point o) dan persaingan global, serta keinginan kuat negara ini pada perubahan besar menuju Indonesia Maju, Indonesia Emas, maka yang diperlukan adalah generasi yang unggul secara kualitas, bukan kuantitas. 

Pemuda yang optimis, pemuda yang turun tangan, bukan urun angan-angan. 

Pemuda pelopor yang berorientasi pada kemajuan dan kebaharuan, yang terus bergerak maju mencari persamaan, bukan mempertajam perbedaan. 

"Tidak kalah penting, pemuda yang saling memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, bukan saling melemahkan. Karena sesungguhnya kerja kita, kerja kalian, adalah prestasi bangsa," tegas Umi. (dta)

Baca juga: Head to Head PSIS Semarang Vs Persik Kediri Liga 1 2022, Mahesa Jenar dan Macan Putih Sama Kuat

Baca juga: Reaksi Ayu Dewi Pergoki Regi Datau Suaminya Masih Hubungi Mantan Kekasih

Baca juga: Hasil Banding di PT, Bank Mandiri Tetap Harus Bayar Rp 5,8 Miliar ke Nasabah yang Uangnya Hilang

Baca juga: Hasil Lengkap Liga 1 2022 Pekan Keempat, PSIS Semarang Kalah, PSM Makassar Epic Comeback Lawan RANS

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved