Berita Sukoharjo

Cetak Tenaga Terampil, Bupati Sukoharjo Etik Suryani Buka Pelatihan Tenaga Kerja Berbasis Kompetensi

Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Sukoharjo menggelar pelatihan tenaga kerja berbasis kompetensi

Penulis: khoirul muzaki | Editor: muslimah
Istimewa
Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Sukoharjo menggelar pelatihan tenaga kerja berbasis kompetensi dan dibuka secara resmi oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, kemarin, Jumat (19/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Liberalisasi di sektor ketenagakerjaan saat ini semakin gencar dilakukan. Liberalisasi salah satunya didorong oleh pemberlakuan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

Dengan begitu seluruh negara ASEAN akan mengedepankan keunggulan komparatif masing-masing.

Keunggulan komparatif dalam masyarakat ekonomi ASEAN sangat bergantung pada produktivitas dan kompetensi tenaga kerja.

“Yang terjadi adalah adanya disparitas atau ketimpangan pasar tenaga kerja dimana ketimpangan pasar itu berupa kurangnya tenaga kerja terampil, terutama di sektor industri,” ujar Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Sabtu (20/8/2022)

Untuk memenuhi kebutuhan itu, Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Sukoharjo menggelar pelatihan tenaga kerja berbasis kompetensi.

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, kemarin, Jumat (19/8/2022).

Pelatihan tenaga kerja dilakukan dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Menurutnya, untuk mampu bersaing di era globalisasi saat ini, diperlukan program pendidikan dan pelatihan untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif.

Selama ini, ujarnya, BLK Sukoharjo mendapat paket pelatihan berbasis kompetensi dari program peningkatan kompetensi dan produktivitas Direktorat Jenderal Bina Vokasi Pelatihan dan Produktivitas (Binavoklatas) Kementerian Ketenagakerjaan sebanyak 15 paket pelatihan.

“Saya harap program pelatihan ini bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan para calon tenaga kerja di wilayah Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved