Harga BBM Subsidi Naik dalam Waktu Dekat

satu dampak paling besar dari gejolak harga ekonomi global adalah naiknya harga minyak dunia, yang kemudian mendorong peningkatan inflasi

Editor: Vito
Tribun Jateng/Idayatul Rohmah
ilustrasi - petugas SPBU sedang mengisi BBM. Pertamina 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi dipastikan naik dalam waktu dekat. Hal ini berdasarkan kondisi sejumlah indikator, satu di antaranya lonjakan harga minyak dunia.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua III DPD, Sultan Baktiar Najamudin, dalam rapat kerja Komite IV DPD dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Selain itu rapat juga diiikuti Bappenas dan Bank Indonesia (BI).

Menurut dia, kondisi perekonomian Indonesia tahun ini memang menunjukkan perbaikan dibandingkan tahun lalu.

Namun, kondisi pemulihan itu tetap dihadapkan gejolak ekonomi global yang memberikan dampak ke berbagai aspek, termasuk kenaikan harga BBM subsidi.

Sultan menuturkan, satu dampak paling besar dari gejolak harga ekonomi global adalah naiknya harga minyak dunia, yang kemudian mendorong peningkatan inflasi di banyak negara.

Kondisi minyak dunia itu yang diyakini akan membuat harga BBM subsidi naik. “Dalam waktu dekat hampir dipastikan bahwa BBM (subsidi) pasti naik,” ujarnya, saat membuka rapat kerja di Gedung DPD RI, Kamis (25/8).

Sultan mengungkapkan, DPD menggelar rapat bersama Kemenkeu, Bappenas, dan BI dimaksudkan untuk mendapatkan penjelasan mengenai kondisi terkini dan prospek ekonomi ke depan, khususnya pada 2023.

Pergerakan harga BBM menjadi satu yang dinilai bakal mempengaruhi laju inflasi tahun depan.

"Situasi-situasi yang akan berkembang dalam waktu ke depan, posisi inflasi ke depan yang mungkin sulit dikontrol, ada proyek IKN, dan sebagainya, situasi dalam waktu dekat. Jadi ini forumnya, sehingga kami bisa menyampaikan informasi terakhir yang kami dapatkan dari kementerian ke daerah masing-masing," jelasnya.

Adapun, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini proses evaluasi kenaikan harga Pertalite masih dilakukan oleh kementerian/lembaga terkait.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved