KKN UNS

Hidden Gem Cilacap, Telusuri Sungai Kutawaru Singapore of Java

Indonesia selalu memiliki potensi wisata tersembunyi yang tiada habisnya, salah satunya adalah Desa Kutawaru di Cilacap, Jawa Tengah.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Mahasiswa KKN UNS di Kutawaru sedang melakukan penyusuran sungai menggunakan kapal kecil di Sungai Donan pada Kamis, 4/08/2022. Kegiatan ini bertujuan untuk menyusuri rute dan lokasi guna mengetahui potensi spot highlight wisata sebagai branding utama 

TRIBUNJATENG.COM - Indonesia selalu memiliki potensi wisata tersembunyi yang tiada habisnya, salah satunya adalah Desa Kutawaru di Cilacap, Jawa Tengah.

Desa Kutawaru menjadi destinasi wisata yang sangat menarik karena menyajikan pemandangan alam yang indah.

Mahasiswa KKN UNS di Kutawaru sedang melakukan penyusuran sungai menggunakan kapal kecil di Sungai Donan pada Kamis, 4/08/2022. Kegiatan ini bertujuan untuk menyusuri rute dan lokasi guna mengetahui potensi spot highlight wisata sebagai branding utama
Mahasiswa KKN UNS di Kutawaru sedang melakukan penyusuran sungai menggunakan kapal kecil di Sungai Donan pada Kamis, 4/08/2022. Kegiatan ini bertujuan untuk menyusuri rute dan lokasi guna mengetahui potensi spot highlight wisata sebagai branding utama (IST)

Desa Kutawaru bahkan dijuluki sebagai “The Singapore of Java” berkat pemandangan indah yang dapat disaksikan ketika malam hari.

Desa Kutawaru sebagian besar dikelilingi oleh perairan dan hutan bakau, kekayaan alam laut serta wilayah pertanian.

Potensi desa yang sedang dikembangkan selain dermaga dan pertanian yakni peternakan kambing, budidaya Kepiting Soka Lunak, Tambak Udang, Tambak Ikan Bandeng, Kakap Putih, Mujahir dan masih banyak lagi.

Selain itu, adanya wisata hutan bakau dan kolam pemancingan ikan dan penyulingan minyak kayu putih juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dari daerah setempat dan kota Cilacap.

Desa Kutawaru atau Desa Jojok terletak terpisah dengan Kota Cilacap yang dapat diakses melalui jalan laut yakni melalui penyebrangan dengan menggunakan perahu motor via Bengawan Donan.

Akses melalui perahu motor dapat ditempuh dari penyeberangan Kali Panas – Kutawaru, Prenca – Alas malang atau Seleko – Lemah Lutik dan Ciperet. Kondisi tersebut yang menyebabkan Desa Kutawaru sulit untuk meningkatkan wisatawan meskipun memiliki potensi pariwisata yang tinggi.

Namun lokasi yang tersembunyi akan memberikan keindahan tersendiri yang masih terjaga.

Para hidden gem hunters, atau para wisatawan juga tidak perlu khawatir karena akses informasi terkait wisata kutawaru kini telah tersebar dengan luas melalui media sosial salah satunya melalui akun instagram yang dikelola oleh mahasiswa KKN UNS Kelompok 379 yakni @kknkutawaru, @event_kutawaru, dan @wisatakutawaru_kekinian.

Bentangan perairan yang sangat luas di Desa Kutawaru juga dapat menjadi potensi wisata yang sangat menarik, salah satunya wisata berbasis sungai.

Susur sungai di Desa Kutawaru menawarkan berbagai pemandangan khas. Wisatawan diajak untuk membelah hutan mangrove serta berlayar di atas sungai yang airnya bersih membentang samudra.

Pengunjung dapat memilih titik awal susur sungai antara dari Dermaga Alas Malang ataupun dermaga kecil lain yang dapat menyesuaikan rute maupun preferensi tertentu dari wisatawan.

Adapun beberapa spot highlight yang ditawarkan oleh wisata susur sungai di Desa Kutawaru ini, di antaranya Kawasan Industri Pertamina, Nusakambangan, Kampung Laut, Mangrove, Area Camp GTK Sembir, dan Kampung Kepiting.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved