Berita Video

Video Pandangan Eks Napiter Abu Tholut: Paham Radikal Sudah Menurun

Eks napi terorisme (napiter) Abu Tholut menilai paham radikal di Indonesia akhir-akhir ini sudah menurun.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: abduh imanulhaq

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Berikut ini video pandangan eks napiter Abu Tholut: paham radikal sudah menurun.

Eks napi terorisme (napiter) Abu Tholut menilai paham radikal di Indonesia akhir-akhir ini sudah menurun.

Hal itu dipengaruhi oleh berbagai sebab,mulai dari kesadaran masyarakat sampai peran penting tokoh agama.

“Pandangan saya, paham radikal ini sudah banyak menurun seperti ISIS sudah tidak banyak menyolok. Kasusnya reda, banyak penurunan saya kira ini unsur masyarakat sudah menyadari tidak cepat terpengaruh oleh paham seperti itu.

Kedua kerja keras tokoh agama, karena itu kan pemikiran mengatasnamakan agama terutama kiai ustaz kontribusinya harus kita hargai,” kata Abu Tholut, Rabu (24/8/2022).

Sisa-sisa jaringan yang saat ini masih ada, katanya sulit berkembang. Misalnya Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang memiliki hubungan dengan ISIS saat ini sulit berkembang karena pusatnya di Irak dan Syuriah hancur.

Kemudian untuk jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pun saat ini dikatakan sangat kecil dan susah bergerak, karena sudah tidak mendapat simpati dari masyarakat.

Untuk itu, bagi mereka yang masih tergabung dengan jaringan atau kelompok radikal yang acap kali melakukan aksi teror, dia berharap agar bisa bertaubat.

“Kita itu tidak lepas dari dosa, sebagai muslim setiap hari harus bertaubat. Rasulullah saja setiap hari istigfar dan taubat 70 kali,” kata dia.

Diketahui Abu Tholut juga dikenal dengan nama Mustofa, Imron, dan Herman ini pernah menjadi sosok sentral dalam berbagai aksi teror di Tanah Air.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved