Berita Demak

Kemacetan di Demak Hambat Distribusi BBM di Jepara, Nelayan Sulit Dapat Solar

Sudah sepekan nelayan di Kabupaten Jepara mengalami kesulitan mendapatkan solar.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: sujarwo
TRIBUNMURIA/YUNANSETIAWAN
Sejumlah nelayan antre mengisi solar di SPBN Ujungbatu, Kabupaten Jepara, Jumat, 2 September 2022. 

TRIBUNMURIA.COM, JEPARA - Sudah sepekan nelayan di Kabupaten Jepara mengalami kesulitan mendapatkan solar.

Mereka mendesak pemerintah segera ambil tindakan atas kelangkaan solar di Bumi Kartini. Kondisi ini sangat menyulitkan nelayan.

Ketua Forum Nelayan (Fornel ) Jepara Utara, Solikhul mengungkapkan, kondisi dialami nelayan di seluruh wilayah Kabupaten Jepara. Dalam seminggu ini, solar sulit didapatkan di SPBN. 

Di sisi lain, sudah dua bulan ini tidak semua SPBU melayani pembelian bahan bakar subsidi dari nelayan atau petani.

Solikhul menyebut SPBU Krasak di Kecamatan Bangsri, Wedelan, Mambak, dan Mulyuharjo dulu masih melayani pembelian solar dari nelayan

Namun, sejak dua bulan terakhir, tidak semua SPBU mau melayani pembelian solar dari nelayan atau petani.

Kondisi ini juga dialami nelayan di wilayah Kecamatan Jepara. Nelayan juga sulit mendapatkan solar. Mintono mengungkapkan kondisi ini sudah ia alami sejak 26 Agusts 2022 atau sudah seminggu. 

Kelangkaan solar ini membuat nelayan tidak bisa melaut.

Terpisah, Kasubah Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Setda Jepara, Heru Sutamaji berdalih kondisi ini bukan karena kelangkaan solar, melainkan keterlambatan distribusi. Menurutnya, ketersedian solar di semua SPBU Jepara sudah mencukupi.

“Masalahnya hanya keterlambatan waktu pengiriman. Karena ada kemacetan di Kabupaten Demak. Bukan kelangkaan, itu salah besar,” terang Heru kepada tribunmuria.com, Jumat, 2 September 2022.

Untuk memastikan kelancaran distribusi ini, kata dia, Depo Pengapon telah bekerja sama dengan Satlantas Polres Demak untuk pengawalan kendaraan pengangkut BBM agar bisa lancar pengirimannya. Sehingga tidak terjadi lagi keterlambatan.

Heru juga telah berkomunikasi dengan SPBU di Kabupaten Jepara agar melayani  pembeli solar dari kalangan nelayan dan petani. Agar nelayan dan petani bisa mudah mendapatkan solar. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved