Berita Sukoharjo

Kominfo Sukoharjo Gelar Workshop Bahas Lapor SP4N, Aplikasi untuk Warga Ngadu ke Presiden

Dinas Komunikasi dan Informatika Kab Sukoharjo gelar acara Workshop Digital Anantara.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul muzaki
Workshop Digital Anantara dengan tema Menjadi Admin Layanan Aduan Masyarakat yang Profesional dan Beretika di Atrium The Park, Kamis (1/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sukoharjo menyelenggarakan acara Workshop Digital Anantara dengan tema Menjadi Admin Layanan Aduan Masyarakat yang Profesional dan Beretika di  Atrium The Park, Kamis  kemarin (1/9/2022). 

Acara tersebut berkolaborasi dengan Tribun Solo, Voks Radio Jogja dan Soc Lyfe.com, dengan narasumber yaitu Dr. Danang Purwanto, M.Si dan Retno Tanding Suryandari S.E., M.E., Ph.D.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Suyamto mengatakan, acara itu mendiskusikan bagaimana cara mengelola media suplemen pusat mengenai aduan yang saat ini di-branding oleh kementerian, yaitu Lapor SP4N (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional) yang  bersifat nasional. 

Aduan itu akan sampai langsung kepada Presiden. SP4N merupakan bentuk pengembangan keterbukaan informasi publik dari lembaga negara kepada masyarakat. Informasi publik harus bersifat transparan, efisien, dan akuntabel.  Terlebih, platform komunikasi publik terbesar pada saat ini berada pada ranah digital.

Komunikasi tidak lagi bersifat satu arah. Sekarang,  masyarakat dapat menyampaikan aspirasi secara langsung melalui media digital. Oleh karena itu, Admin Layanan Aduan Masyarakat memiliki peran penting di dalamnya. Di antaranya untuk mengatasi hoax yang sering terjadi.

“Keberhasilan admin terbesar adalah masyarakat menjadikan domain kita menjadi sumber yang terpercaya. Maka, lakukan analisis untuk membuat informasi menjadi menarik”, ujar Retno Tanding, salah satu pemateri. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved