Porprov 2023

Pelaksanaan Porprov 2023 Baru akan Ditentukan Dalam Raker KONI Jateng tahun 2022

Pelaksanaan Raker KONI Jateng yang biasanya digelar pada akhir tahun, dimajukan.

Ist./HUMAS KONI Jateng
Ketua Umum KONI Jateng Bova Ventura Sulistiana, didampingi ketua panitia Rapat Kerja Joko Priyono dan Waketum IV KONI Amir Machmud serta Waketum V KONI Sudarsono saat rapat panitia Raker KONI, Senin (5/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pelaksanaan Rapat Kerja (Raker) KONI Jawa Tengah yang biasanya digelar pada akhir tahun kerja atau awal tahun, dimajukan.

Hal itu dilakukan mengingat banyak agenda yang harus segera diputuskan berkaitan dengan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023 dan kegiatan lain yang menyertainya.

Adapun tanggal pelaksanaan dan tempat acara masih dalam pembahasan KONI Jateng dan panitia.

''Salah satu agenda yang hingga saat ini menggantung yakni keputusan tentang pelaksanaan Porprov 2023. Tahunnya memang kita sudah sepakat, tetapi bulan pelaksanaannya kan belum tahu. Dan, keputusan itu harus dilakukan lewat forum Rapat Kerja yang diikuti seluruh anggota,'' kata Ketua Umum KONI Jateng Bona Vantura Sulistiana seusai rapat panitia, Senin (5/9/2022).

Kepanitiaan untuk pelaksanaan Raker sudah dibentuk dan siap bekerja. Dalam rapat kemarin, hadir Wakil Ketua Umum KONI IV Amir Machmud, Wakil Ketua Umum V Sudarsono, dan Ketua Panitia Joko Priyono, Sekretaris Ade Oesman serta panitia pelaksana lainnya.

Sebenarnya surat keputusan (SK) Gubernur Jateng tentang pelaksanaan Porprov sudah pernah diterbitkan, yakni pelaksanaan pada 2022 dengan tuan rumah enam kabupaten di Pati Raya (Eks Karesidenan Pati).

Namun akibat wabah Covid-19, maka semua event seperti PON 2020 diundur menjadi 2021, demikian dengan Porprov 2022 diundur menjadi 2023.

''Dengan pengunduran ini, maka SK Gubernur untuk Porprov pun tidak berlaku. Maka untuk SK Gubernur untuk Porprov 2023, KONI harus mengusulkan kembali dengan suatu keputusan yang diambil lewat Raker,'' papar Bona.

Lebih lanjut Bona menjelaskan pihaknya sudah memberi ancer-ancer untuk pelaksanaan Porprov 2023 pada 9-16 September 2023.

''Ini baru rancangan yang harus mendapat persetujuan peserta Raker,'' katanya.

Hal lain yang bakal dibahas dan diputuskan dalam acara tersebut adalah jumlah cabang olahraga, mutasi atlet antar-kabupaten/kota, juga cabang olahraga eksibisi. Kemudian di bidang organisasi, adalah pengesahan diterimanya cabang olahraga baru menjadi anggota KONI Jateng.

''Satu lagi akan ditawarkan kepada KONI Kabupaten/Kota di Jateng untuk menjadi calaon tuan rumah Porprov berikutnya,'' katanya.

Dalam rancangan, Porprov akan mempertandingkan 57 cabang olahraga dengan 70 disiplin dan 872 nomor pertandingan. Pembukaan Porprov dijadwalkan digelar di Stadion Joyokusumo Pati.

Adapun penutupan direncanakan di Stadion Wergu Wetan Kudus. Dari 57 cabang olahraga tersebut akan dibagi pelaksanaannya di enam kabupaten. Namun demikian, ada beberapa cabang olahraga yang terpaksa harus digelar di luar seperti renang dan golf di Semarang.

"Karena di enam kabupaten tuan rumah tidak memiliki sarana lomba cabanng olahraga tertentu. Jadi harus dimainkan di kota lain seperti Semarang,'' katanya. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved