Berita Sragen

Berhadiah Umrah, Ikuti Jalan Sehat Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Alun-alun Sragen

Sekitar 2.000 warga Muhammadiyah akan padati Jalan Raya Sukowati, Sragen.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani
Ketua PDM Sragen, Abdullah Affandi (tengah) bersama Ketua Panitia Gebyar Muktamar ke-48 Muhammadiyah Kabupaten Sragen, Rosyid Mustofa kanan ketika jumpa pers di Geprek Sako, Jumat (9/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Menyambut Muktamar ke-48 Muhammadiyah, sekitar 2.000 warga Muhammadiyah akan padati Jalan Raya Sukowati dalam acara Jalan Sehat Gebyar Muktamar pada, Minggu (11/9/2022).

Ketua Panitia Gebyar Muktamar ke-48 Muhammadiyah Kabupaten Sragen, Rosyid Mustofa, menjelaskan ada empat rangkaian kegiatan yang akan mereka gelar.

Diawali dengan jalan sehat, dilanjutkan Olimpiade IPA dan Matematika khusus untuk SD dan SMP, panen raya padi, dan Ortom Camp di wilayah Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

"Kegiatan jalan sehat ini dilakukan serentak se Jawa Tengah dimana seluruh Indonesia yang mengadakan hanya Jawa Tengah. Jam yang sama kami jalan serempak dalam rangka menyambut Muktamar Muhammadiyah," kata Rosyid ketika jumpa pers di Geprek Sako Sragen, Jumat (9/9/2022).

Tema yang kami angkat Memajukan Indonesia Mencerahkan Semesta. Rosyid mengatakan pihaknya mengundang seluruh elemen masyarakat untuk menyemarakan jalan sehat Muktamar Muhammadiyah.

Tidak hanya pimpinan Muhammadiyah, warga simpatisan Muhammadiyah, namun juga pimpinan partai politik, jajaran Forkopimda, ormas hingga masyarakat umum.

Rosyid melanjutkan, jalan sehat itu dimulai pukul 06.00 dengan diawali penampilan drum band dari SD Birrul Walidain Sragen, dilanjutkan kajian dan melepas sebanyak 48 ekor merpati.

"48 merpati ini menunjukkan Muktamar ke-48 Muhammadiyah. Sedangkan burung merpati melambangkan kasih sayang. Muhammadiyah hadir untuk mencerahkan dan membuat orang senang ," katanya.

Rosyid mengatakan dalam jalan sehat ini, pihaknya menyediakan satu tiket umroh gratis bagi yang beruntung, satu sepeda motor, dua sepeda motor listrik, 17 sepeda gunung, dispenser, magicom, setrika listrik dan masih banyak lagi.

Dalam jalan sehat ini, pihaknya memperkirakan akan ada 20.000 masyarakat simpatisan Muhammadiyah yang akan memadati Alun-alun Sragen.

Selama perhelatan jalan akbar, Jalan Raya Sukowati akan ditutup sejak pagi sampai pukul 11.00 WIB. Rute jalan sehat cukup dekat, yakni dari Jalan Raya Sukowati atau alun-alun menuju ke Sarigunan. Belok kiri ke Jalan Slamet Riyadi sampai di simpang empat Ledok belok ke kanan masuk Sumengko.

Kemudian masuk gang di SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen lurus kemudian belok ke kiri hingga melewati Gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan kembali ke Alun-alun. Acara akan dipusatkan di Alun-alun. 

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Abdullah Affandi mengatakan Muhammadiyah memiliki hajatan besar berupa muktamar di Solo.

Muktamar 2022 ini kali ketiga di Solo, sementara itu muktamar sebelumnya digelar pada 1985 dan 2016 lalu.

Berkaca pada 2016 lalu, Abdullah mengatakan peserta sekitar 15 ribu orang, pihaknya memperkirakan pada 2022 akan lebih dari 20 ribu orang. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved