Berita Nasional

Pelengseran Suharso Monoarfa, Yasonna Terbitkan SK Kemenkumham Kepengurusan PPP Baru

Kemenkumham telah bergerak cepat mengesahkan kepengurusan  Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kepemimpinan Muhammad Mardiono.

Editor: m nur huda
Tangkapan layar
Suharso Monoarfa saat hadir dalam Workshop Anggota DPRD FPPP se Indonesia - Kemenkumham telah bergerak cepat mengesahkan kepengurusan  Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kepemimpinan Muhammad Mardiono. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah bergerak cepat mengesahkan kepengurusan  Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kepemimpinan Muhammad Mardiono.

Hal ini membuat partai berlambang Kabah itu memasuki babak baru setelah pelengseran Suharso Monoarfa sebagai ketua umum.

Menkumham Yasonna Laoly membenarkan telah mengesahkan kepengurusan baru PPP dalam Surat Keputusan Kemenkumham Nomor M.HH-26.AH.11.02. Tahun 2022 tentang Pengesahan Plt Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP Masa Bakti 2020-2025.

“Benar (SK Kemenkumham asli),” ucapnya dihubungi Kompas.com, Sabtu (10/9/2022).

SK tersebut menyatakan mengakui Muhammad Mardiono sebagai Plt Ketua Umum PPP menggantikan Suharso Monoarfa masa bakati 2020-2025.

Pergantian kepengurusan PPP hanya pada pucuk pimpinan.

Di luar itu, tak ada restrukturisasi lain yang dilakukan pada kepengurusan DPP PPP.

Cepatnya penerbitan SK Kemenkumham ini diklaim tak terlepas dari permintaan Mardiono cs.

“Karena kami memang mohon agar ini dipercepat,” tutur Arsul ditemui di kediaman Mardiono, kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, Jumat (9/9/2022) malam.

Alasannya, lanjut dia, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah melakukan proses verifikasi calon peserta Pemilu 2024.

KPU memang telah mengeluarkan pernyataan kepada media massa bahwa seandainya PPP mengubah kepengurusan, maka hal itu harus disampaikan dalam masa perbaikan verifikasi administrasi pada 15-28 September 2022 mendatang.

Jika tidak, maka kepengurusan yang diverifikasi KPU Ri untuk menetapkan PPP sebagai calon peserta Pemilu 2024 adalah kepengurusan yang didaftarkan ketika PPP mendaftar ke KPU RI pada 10 Agustus 2022 dengan Suharso sebagai ketua umum.

Di internal PPP, Mardiono menggantikan Suharso Monoarfa menjadi plt ketua umum atas keputusan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PPP di Banten, Minggu (4/9/2022).

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengklaim usulan pemberhentian Suharso disampaikan 30 dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW). Arsul menegaskan, tidak ada bongkar pasang di tubuh DPP PPP.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved