Berita Pekalongan

Potensi SAR di Pekalongan Gelar Latihan High Angle Rescue Technicque

Pontensi SAR yang ada di Pekalongan, menggelar latihan High Angle Rescue Technicque di lapangan Setda Kabupaten Pekalongan, Minggu (11/9/2022).

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: galih permadi
TRIBUNJATENG/INDRA DWI PURNOMO
Potensi SAR di Pekalongan menggelar latihan mengenai pertolongan dan evakuasi jika terjadi kecelakaan maupun bencana di ketinggian atau High Angle Rescue Technique (HART) di lapangan belakang Setda Kabupaten Pekalongan. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Pontensi SAR yang ada di Pekalongan, menggelar latihan High Angle Rescue Technicque di lapangan Setda Kabupaten Pekalongan, Minggu (11/9/2022).

Anggota SAR Bumi Santri Nidhom mengatakan, tujuan dari latihan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme Tim SAR dalam melaksanakan upaya pencarian dan pertolongan.

"Kami bersama teman-teman lintas organisasi, melaksanakan latihan ketrampilan untuk menjaga kompetensi dari teman-teman pontensi SAR yang ada di Pekalongan," kata Anggota SAR Bumi Santri Nidhom kepada Tribunjateng.com, Minggu (11/9/2022).

Materi dalam latihan kali ini yaitu mengenai pertolongan dan evakuasi jika terjadi kecelakaan maupun bencana di ketinggian atau High Angle Rescue Technique (HART).

"Peserta latihan bersama mengenai teknik pertolongan dari ketinggian, contohnya seperti jika ada pendaki gunung yang terpeleset dan jatuh ke jurang, mereka akan bisa membantu menolong dan mengevakuasi.

Lalu, evakuasi orang jika masuk ke dalam sumur," imbuhnya.

Selain itu, pontensi SAR di Pekalongan juga melaksanakan latihan menejemen tandu secara efektif, cepat, dan aman.

"Pelatihan ini dilakukan untuk memperkuat fungsi koordinasi antar tim penolong," ucapnya.

Nidhom berharap dengan adanya latihan seperti ini, kompetensi teman-teman pontensi SAR di Pekalongan selalu terjaga.

"Tidak hanya itu, latihan bersama ini menjaga tali silaturahim antar pontensi SAR khususnya di Pekalongan," tambahnya. (Dro)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved