Berita Sukoharjo

KPU Sukoharjo Minta Pemilih Berpartisipasi Aktif Dalam Setiap Tahapan Pemilu

KPU Sukoharjo melakukan sosialisasi agar semua lapisan masyarakat akan mengetahui tahapan-tahapan dalam Pemilu dan bisa berperan aktif. 

Penulis: khoirul muzaki | Editor: raka f pujangga
TRIBUNJATENG/Khoirul Muzakki
Rapat koordinasi peningkatan partisipasi masyarakat di Damar Resto Jalan Kyai Mawardi, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (13/09/22). 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo mengelar rapat koordinasi peningkatan partisipasi masyarakat, Selasa (13/09/22) di Damar Resto Jalan Kyai Mawardi, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo.

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda mengatakan, tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan sejak 22 Juni 2022.  Sampai saat ini, tahapan berjalan lancar.

Pihaknya melakukan sosialisasi terus menerus agar semua lapisan masyarakat akan mengetahui tahapan-tahapan dalam Pemilu dan bisa berperan aktif. 

"Sejauh ini masyarakat cukup aktif," katanya, Selasa (13/9/2022) 

Seperti dalam tahapan pendaftaran, verifikasi parpol, masyarakat berperan aktif melakukan pengecekan secara mandiri apakah masuk sipol atau tidak, serta melapor melalui helpdesk KPU dan Bawaslu.

Anggota KPU Sukoharjo Suci Handayani menyampaikan pentingnya sinergi dan kolaborasi pemangku kepentingan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024.

Partisipasi penting karena kedaulatan ada di tangan rakyat. Sehingga partisipasi pemilih menentukan pemimpin yang akan terpilih. 

Partisipasi aktif pemilih, menurutnya, menjadi penentu terwujudnya pemilu yang berkualitas dan berintegritas

Partisipasi masyarakat dalam Pemilu meliputi keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu, pengawasan pada setiap tahapan Pemilu, sosialisasi Pemilu, pendidikan Pemilih dan survei atau jajak pendapat tentang Pemilu dan  penghitungan cepat hasil Pemilu.

"Ssialisasi merupakan tanggungjawab bersama semua pemangku kepentingan. Masing-masing intansi/lembaga/organisasi akan melakukan sosialisasi secara berjenjang sesuai dengan kearifanlokal, " katanya. (aqy)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved