Berita Sukoharjo

Hindari Praktik Ijon, Petani di Sukoharjo Belajar Pengubinan

Untuk memperkirakan hasil panen bisa menggunakan metode pengubinan. Ini sekaligus bisa menghindarkan petani dari praktik ijon yang bisa merugikan

Penulis: khoirul muzaki | Editor: muslimah
Istimewa
Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Jan Marinka menyaksikan ubinan padi di Desa Kateguhan, Kecamatan Tawangsari, Senin lalu (12/9/2022). 


TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Panen adalah masa paling dinanti petani setelah mereka kerja keras menanam dan merawat lahan berbulan-bulan. 

Hasil panen sebenarnya dapat diperkirakan sebelumnya

Untuk memperkirakan hasil panen bisa menggunakan metode pengubinan. Ini sekaligus bisa menghindarkan petani dari praktik ijon yang bisa merugikan. 

Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa sempat mendampingi Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Jan Marinka menyaksikan ubinan padi di Desa Kateguhan, Kecamatan Tawangsari, Senin lalu (12/9/2022). 

Irjen Kementan ingin menyaksikan langsung hasil ubinan padi di Kabupaten Sukoharjo yang tengah menjalankan program IP 400.

“Pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan oleh petugas pertanian maupun statistik untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian tidak hanya padi sawah,” ujarnya, Rabu (14/9/2022) 

Menurutnya, teknik ubinan paling umum digunakan untuk memperkirakan potensi hasil gabah dalam luasan 1 hamparan (1 ha) sehingga dengan hasil tersebut dapat dilakuan evaluasi bersama untuk perbaikan usaha tani dimasa yang akan datang.

Saat ini, di Kabupaten Sukoharjo sudah tidak memungkinkan menambah luas lahan sawah. 

Sehingga inovasi teknologi di Bidang Pertanian mutlak harus dilaksanakan untuk meningkatkan produksi padi baik berupa Optimalisasi peningkatan Indeks Pertanaman (IP400), mekanisasi pertanian, penggunaan benih Varietas Unggul Baru dan peningkatan kesuburan tanah menggunakan pupuk organik yang berkualitas.

Diharapkan kegiatan pengubinan dapat membuka pengetahuan petani tentang prediksi produksi gabah panennya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved