PT Semen Gresik

Minuman Rempah Akar Jawi, UMKM Binaan SG Sukses Go Global di Tong Tong Fair 2022 di Belanda

Produk Akar Jawi laku terjual dari ratusan pieces yang disediakan, habis diborong para pengunjung pameran.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
Istimewa
GM of CSR SIG Edy Saraya dan General Manager of Communication & Legal PTSG Fardhi Sjahrul Ade di stand Rumah BUMN dengan latar produk jamu herbal Akar Jawi di Tong Tong Fair Den Haag, Belanda. 

TRIBUNJATENG.COM, REMBANG, 14 September 2022 – Rumah BUMN (RB) Rembang PT Semen Gresik (PTSG) mengirimkan produk unggulan UMKM binaan mengikuti Tong Tong Fair di Den Haag Belanda, 1 – 11 September 2022.

Dalam pameran tertua di Negeri Kincir Angin itu, ratusan minuman rempah instan (Akar Jawi) produk asli warga Pamotan laku terjual.

Senior Manager of Communication & CSR PTSG Dharma Sunyata menyatakan bahwa Tong Tong Fair merupakan sarana yang tepat untuk memperluas jangkauan pemasaran dengan menjaring buyer internasional.

“Akar Jawi merupakan salah satu produk dari lima wakil RB Rembang yang dikirim ke Tong Tong Fair 2022.

Empat wakil lainnya yaitu Makanan ringan (Keriyes), Batik fashion (Fallin), Fashion & Craft Ecoprint (Okvisa Craft), dan Batik ready to wear (Batik Gunung Kendil),” Jelas Dharma pada keterangan rilisnya, Rabu (14/9).

Lanjutnya, mereka terpilih melalui kurasi ketat dan presentasi di Kementerian BUMN dari puluhan ribuproduk UMKM se-Indonesia.

Banyaknya wakil dariRembang membuktikan, bahwa produk yang khas dan mengedepankan kearifan lokal mampu bersaing di pasar global.

Anggota DPR RI, Andre Rosiade bersama produk Akar Jawi saat berkunjung ke stand Rumah BUMN di Tong Tong Fair Den Haag Belanda.
Anggota DPR RI, Andre Rosiade bersama produk Akar Jawi saat berkunjung ke stand Rumah BUMN di Tong Tong Fair Den Haag Belanda. (Istimewa)

“Produk Akar Jawi laku terjual dari ratusan pieces yang disediakan, habis diborong para pengunjung pameran.

Dengan varian rasa yang paling diminati adalah rasa jahe merah dan jahe serai, karena secara rasa lebih ringan dan familiar dengan para pengunjung di Pameran,” ujar Dharma.

Dharma Menandaskan bahwa PTSG akan terus berkomitmen intens melakukan pemberdayaan dan edukasi kepada UMKM binaan secara berkesinambungan sehingga mampu go global.

Sementara itu pemilik Akar Jawi, Ummi Salamahmengungkapkan rasa syukur dan terimakasih atas produk akar jawi diminati oleh para pengunjung di pameran, sekaligus ini menjadi bukti produk bahwaUMKM lokal Rembang mampu go global.

Pembeli produk Akar Jawi yang juga warga Belanda di stand Rumah BUMN pada Tong Tong Fair Den Haag Belanda.
Pembeli produk Akar Jawi yang juga warga Belanda di stand Rumah BUMN pada Tong Tong Fair Den Haag Belanda. (Istimewa)

“Produk Akar Jawi terbuat dari bahan alami dan fresh,didapat langsung dari petani sehingga rasanya segar dan diolah dengan proses kristalisasi yang menghasilkan minuman rempah tanpa adanya endapan, minuman segar menyehatkan tanpa bahan pengawet atau tambahan lainya,” papar Ummi.

Lanjut Ummi, UMKM yang berdiri sejak tahun 2014 ini mengirimkan 6 varian jamu instan akar jawi yakni kunyit asem instan, jahe merah instan, kunyit instan, kunyit putih instan, temulawak instan, jahe sereh instan ke pameran tersebut. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved