Pemilu 2024

KPU Kabupaten Semarang: Perbaikan Status Administrasi Parpol Ditunggu Sampai 27 September 2022

Partai politik diberikan waktu memperbaiki persyaratan administrasi untuk mengganti statusnya menjadi MS hingga 27 September 2022.

Penulis: Reza Gustav Pradana | Editor: deni setiawan
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Ketua KPU Kabupaten Semarang Maskup Asyadi. 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Sejumlah partai politik (parpol) di Kabupaten Semarang sedang melakukan perbaikan verifikasi administrasi di KPU Kabupaten Semarang.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Semarang, Maskup Asyadi, pihaknya telah selesai melakukan verifikasi administrasi terhadap sebanyak 22 partai politik di Kabupaten Semarang.

“Jadi partai politik akan menerima hasil administrasi untuk mengetahui statusnya mana yang Belum Memenuhi Syarat (BMS), berapa yang Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS),” ujarnya kepada Tribunjateng.com, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Ini Syarat dan Tahapan Pendaftaran Anggota Panwascam di Kota Semarang

Baca juga: Hendi Cek Proses Penyelesaian Jalan Tembus Jangli-Undip Semarang dan Sriwijaya

Meskipun dia belum menyebutkan sejumlah partai politik mana yang statusnya masih BMS, Maskup menerangkan bahwa partai politik tersebut diberikan waktu memperbaiki persyaratan administrasi untuk mengganti statusnya menjadi MS hingga 27 September 2022.

Setelah tahapan verifikasi administrasi selesai, lanjut Maskup, tahapan selanjutnya yakni verifikasi faktual.

“Jadi setelah verifikasi administrasi, pada 28 September sampai 14 Oktober 2022, KPU akan meneliti terkait dengan verifikasi administrasi perbaikan tersebut."

"Secara berjenjang akan direkap, parpol mana yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat untuk dilanjutkan ke verifikasi faktual,” katanya.

Verifikasi faktual yakni mencocokkan kebenaran dan kesesuaian seluruh data anggota yang diserahkan oleh partai politik kepada KPU.

Dijelaskan Maskup, biasanya hal-hal yang masuk dalam verifikasi faktual yakni kecocokan KTP anggota parpol dengan data yang ada di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU.

Baca juga: Produksi Padi di Kabupaten Semarang Menurun Akibat Terserang Hama

Baca juga: Pedagang Pasar Karangayu Semarang Kembali Pusing, Harga Beras Merangkak Naik

“Misalnya ada yang KTP nya tidak sama dengan Sipol, atau tidak jelas fotonya."

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved