Berita Kabupaten Tegal

Satlantas Polres Tegal Masifkan Patroli Sasar Pengguna Knalpot Brong

Satlantas Polres Tegal gencar melakukan patroli setiap harinya terutama menyasar para pengendara yang kedapatan memasang knalpot brong

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Foto anggota Polres Tegal membawa salah satu sepeda motor milik warga yang diamankan karena tidak sesuai standar pabrikan. Berlokasi di Mapolres Tegal, Kamis (15/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Tegal gencar melakukan patroli setiap harinya terutama menyasar para pengendara yang kedapatan memasang knalpot brong.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kasatlantas Polres Tegal, AKP Erwin Chan Siregar, pada Tribunjateng.com, Kamis (15/9/2022) sore kemarin.

Tidak melaksanakan dengan cara razia, tapi lebih memilih untuk melakukan hunting atau menyisir di seluruh area Kabupaten Tegal, terutama yang banyak ditemukan pengguna knalpot brong berkeliaran.

"Jadi setelah apel, kemudian anggota langsung patroli mencari baik di sekitar Polres maupun area lainnya. Jika ditemukan ada yang memakai knalpot brong, maka langsung dibawa ke Polres untuk ditindak penilangan," ungkap AKP Erwin, pada Tribunjateng.com, Kamis (15/9/2022).

Untuk waktu pelaksanaan patroli knalpot brong tidak ditentukan kapan pastinya, hal ini dikatakan AKP Erwin bisa saja pengendara yang biasanya memakai knalpot brong karena sudah tahu akan ada patroli maka tidak memakai dahulu.

Sehingga pelaksanaan tidak ditentukan kapan waktunya, bisa sore hari, malam hari, bahkan dini hari.

Namun yang pasti, patroli dilaksanakan hampir setiap hari di wilayah Kabupaten Tegal.

"Sanksi untuk pelanggar selain tilang, nantinya disarankan mengganti knalpot brong yang tidak standar menjadi knalpot yang standar atau sesuai pabrikan motornya. Nah knalpot brong nantinya kami sita dan dimusnahkan," jelasnya.

Kasat lantas mengungkapkan, jenis pelanggaran lalu lintas tidak hanya sebatas tidak membawa surat-surat kendaraan saja, tapi ada yang lainnya seperti tidak memakai helm, melanggar rambu-rambu lalu lintas, dan lain-lain. 

Dicontohkan, semisal ada pengendara yang membawa lengkap surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK, tetapi tidak memakai helm, maka tetap kena tilang.

Sama hal nya dengan knalpot brong ini, karena suaranya yang bising dan menggangu kenyamanan masyarakat.

"Intinya yang kami tindak adalah knalpot yang tidak sesuai standar pabrikan motornya. Tidak lupa, saya juga mengimbau kepada personil agar penindakan disampaikan secara humanis," tutup Kasat Lantas. (dta)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved