Berita Bisnis

Wuling Siap Garap Mobil Listrik Untuk Pasar Pemerintahan

Minat terhadap mobil listrik tinggi, SPK Wuling Air EV telah mencapai 200 unit di Jawa Tengah

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: raka f pujangga
TRIBUNJATENG/Idayatul Rohmah
Display mobil listrik Wuling Air EV dalam pameran pameran BCA Expo Semarang di Marina Convention Center, Sabtu-Minggu (17-18/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Instruksi presiden terkait penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan dinas disambut baik industri otomotif yang memproduksi mobil tersebut.

Di antaranya adalah Wuling, yang mengaku mendukung penuh instruksi tersebut dan siap menggarap permintaan terkait mobil listrik pertamanya yaitu Air EV.

"Kami siap menggarap (segmen mobil listrik Air EV) ke government (pemerintahan). Nantinya kami bisa adakan test drive dan sebagainya," kata Operational Manager Wuling AJM Jateng dan DIY, Edwin Adams kepada tribunjateng.com di sela pameran BCA Expo Semarang di Marina Convention Center, Sabtu-Minggu (17-18/9/2022).

Dalam BCA Expo Semarang sendiri, Wuling menurunkan sebanyak lima unit mobil Air EV.

Dua di antaranya ditampilkan di display dan tiga diturunkan untuk para pengunjung yang ingin melakukan test drive.

Menurut Edwin, minat masyarakat terhadap mobil listrik ini sangat tinggi.

Hal itu terlihat dari antusias mereka baik untuk mencoba mengemudi sekaligus dominasi unit Wuling yang terjual selama pameran yakni Wuling Air EV.

"Banyak yang penasaran mau coba mobil listrik seperti apa. Ini test drive kami juga sampai menambah armada, yang awalnya dua armada untuk test drive, ini tambah satu lagi per siang ini. Itu supaya antreannya tidak terlalu panjang, karena hari ini sampai 100 orang yang mau test drive. Animonya sampai sebagus itu, seramai itu," kata Edwin, Sabtu (17/9) siang.

Di sisi lain Edwin menyebutkan, di Jawa Tengah, pihaknya sendiri telah mengantongi sekitar 200 unit surat pemesanan kendaraan (SPK) khusus untuk Wuling Air EV.

Jumlah tersebut diyakini akan terus bertambah sebagaimana didukung adanya instruksi Presiden Joko Widodo dalam mempercepat peralihan mobil dan motor listrik di Indonesia.

Instruksi tersebut dikeluarkan melalui instruksi presiden (Inpres) nomor 7 tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai kendaraan dinas operasional dan kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan daerah.

"(Inpres baru dikeluarkan tanggal 13 September) Sekarang belum banyak list, kami garap dulu di PLN," bebernya.

Sementara itu, dalam pameran ini selain menampilkan Wuling Air EV, juga menampilkan mobil Wuling lainnya yaitu Cortez dan Almaz.

Meski Wuling Air EV kini lebih menjadi pusat perhatian, dia menyebut unit Wuling lainnya juga masih memiliki pasar yang baik.

"(Secara keseluruhan) Hingga siang ini sudah ada 15 SPK. Target kami hingga pameran selesai sampai 40 SPK," ujarnya. (idy)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved