Berita Pati

Atasi Dampak Kekeringan, Ketua PMI Pati Salurkan Air Bersih

Aksi ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat yang terdampak kekeringan pada musim kemarau ini hingga kesulitan mendapatkan air bersih.

dok. PMI Pati
Ketua PMI Pati Haryanto menyalurkan bantuan air bersih untuk warga Desa Triguno Kecamatan Pucakwangi, Senin (19/9/2022). 

TRIBUNMURIA.COM, PATI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati mendistribusikan 15 ribu liter air bersih ke Dukuh Putuk dan Dukuh Ketiri, Desa Triguno, Kecamatan Pucakwangi, Senin (19/9/2022).

Aksi ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat yang terdampak kekeringan pada musim kemarau ini hingga kesulitan mendapatkan air bersih.

Berdasarkan prakiraan cuaca, musim kemarau tahun ini diprediksi sedikit mundur dan durasinya lebih pendek dibandingkan tahun sebelumnya, yakni terjadi di minggu awal bulan Juli hingga bulan September. 

Namun, beberapa kecamatan di wilayah Pati selatan berpotensi mengalami kekeringan dan sulit mendapatkan air bersih pada musim kemarau ini.

Baca juga: Kekeringan Hebat, Jejak-jejak Kaki Dinosaurus Kerabat T-Rex Muncul di Sungai

Ketua PMI Kabupaten Pati Haryanto terjun langsung dalam pendistribusian air bersih.

“Hari ini PMI Kabupaten Pati bersama para relawan mendistribusikan air bersih secara gratis kepada masyarakat. Ada dua dukuh yang mendapatkan bantuan air bersih, yakni Dukuh Putuk dan Dukuh Ketiri, Desa Triguno. Tentunya ini dalam rangka kemanusiaan serta dalam rangka memperingati HUT ke-77 PMI,” ujar Bupati Pati 2012-2022 ini.

Bantuan air bersih secara simbolis diterima oleh Camat Pucakwangi serta kepala desa setempat, untuk kemudian langsung dibagikan pada masyarakat yang membutuhkan.

Dengan adanya pendistribusian air bersih ini, Haryanto berharap masyarakat tidak lagi kesulitan dalam mendapatkan air bersih, terlebih untuk kebutuhan minum, memasak, serta mencuci pakaian.

“Harapannya masyarakat terbantu dengan adanya distribusi air bersih. Kebutuhan air minum dan memasak tercukupi," tandas Haryanto.

Selain melaksanakan pendistribusian air bersih, dalam rangkaian HUT ke-77 PMI, pihaknya juga telah melaksanakan beberapa kegiatan sosial lain. 

Di antaranya donor darah, penyerahan bantuan sosial bagi korban kebakaran, serta bantuan sosial bagi lansia. (mzk)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved