Berita Demak

Bupati Demak Resmi Serahkan Raperda tentang APBD Tahun 2023

Secara resmi Bupati Demak serahkan Raperda tentang APBD 2023 kepada DPRD Kab. Demak.

Penulis: Tito Isna Utama | Editor: sujarwo
TRIBUNJATENG/Tito Isna Utama
Bupati Demak Eisti'anah memberikan Raperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 di Gedung Paripurna DPRD Demak, Senin (19/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Secara resmi Bupati Demak menyerahkan Raperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Demak.

Penyerahan itu dilakukan secara oleh Bupati Demak Eisti'anah kepada DPRD Demak, dilaksanakan dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Demak.

Rapat dipimpin secara langsung oleh Ketua DPRD Demak Sri Fahrudin Bisri Slamet.

Penyerahaan Raperda Tentang APBD Kabupaten Demak Tahun Anggaran 2023

Acara ini sudah berdasarkan ketentuan pasal 114 ayat 1 Huruf C peraturan DPRD Kabupaten Demak nomer 1 tahun 2019 tentang tata tertib DPRD Kabupaten demak menyebutkan bahwa rapat paripurna memenuhi forum apa bila dihadiri lebih oleh setengah jumlah anggota DPRD.

"Bahwa yang hadir pada kali ini ada 34 orang DPRD telah mentandai tangani buku hadir pada hari ini, karena sudah memenuhi syarat maka sudah memenuhi forum," kata Ketua DPRD saat membuka Rapat Paripurna, Senin (19/9/2022).

Bupati Demak Eisti'anah memberikan Raperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 di Gedung Paripurna DPRD Demak, Senin (19/9/2022).
Bupati Demak Eisti'anah memberikan Raperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 di Gedung Paripurna DPRD Demak, Senin (19/9/2022). (TRIBUNJATENG/Tito Isna Utama)

Slamet sapaan akrabnya menyanpaikan, bahwa rapat kali ini lebih menindak lanjuti surat dari Bupati Demak kepada ketua DPRD Demak nomor 900/971 tanggal 14 September 2022, perihal permohan waktu penyerahan APBD kabupaten Demak tahun anggaran 2023.

Berdasarkan peraturan pemerintah nomer 12 tahun 2019 tenang pengelolaan keuangan daerah pada pasal 4 ayat 2 huruf B menyatakan bahwa kepala daerah mengajukan rancangan perda tentang APBD, rancangan perubahan Perda APBD dan rancangan perda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD untuk dibahas bersama.

"Perlu diketahui juga alasan perlu disusun raperda tentang APBD ini, maka akan disampaikan nota keuangan sebagai pengantar Raperda APBD Kabupaten Demak tahun anggaran 2023 yang disampaikan oleh  Bupati Demak," tuturnya.

Sementara, Bupati Demak Eisti'anah membacakan nota bertanggung jawabannatas pendapatan daerah yang terdiri dari Pendapatan daerah, pendapatan transfer dan lain-lain pendapatan daerah yang sah.

"Merupakan perkiraan yang rasional dan terukur serta berdasarkan hukum atas penerimaannya pendapatan daerah terdiri dari 3 kelompok pendapatan yaitu satu pendapatan asli daerah , pendapatan transfer dan lain-lain pendapatan daerah yang sah," jelas Bupati Demak.

Adapun  pendapatan daerah sebesar 2,52 Triliun, pendpatan asli daerah 462 Miliar, pendpatan transfer 1,92 miliaran,dan lain-lain pendatan sah sebesar 141 miliar.

"Ada belanja daerah tahun 2023 sebagai berikut satu belanja daerah sebsar 2 triliun , surpus atau devisi anggaran belanja daerah yang lebih pendapatan daerah seperti devisi anggaran sebesar 90 miliar," ucapanya.

Dengan ada penyampaian ini, Eisti'anah berharap seluruh kebijakan program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2023 dapat dilaksanakan secara efektif, efisien, ekonomis dan transparan serta memenuhi persyaratan kuntabilitas.

"Kami harap pula rancangan anggaran pendapatan belanja daerah dapat dibahas seperti jadwal yang telah ditentukan," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved