Berita Kudus

Cegah Penimbunan BBM, Kapolres Kudus Tugaskan Personel di Setiap SPBU

AKBP Wiraga Dimas membuka diri bagi masyarakat yang ingin melaporkan tindak pidana yang dilihat masyarakat.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: raka f pujangga
Dokumentasi Polda Jateng
Polda Jateng ungkap gudang penimbunan BBM Solar bersubsidi di Kabupaten Cilacap 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Kasus penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar subsidi di Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus kini masih dalam tahap penyidikan. 

Kapolres Kudus, AKBP Wiraga Dimas Tama mengatakan, tersangka oknum pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kudus, Abdul Wahab (42) dan tersangka lainnya sudah selesai menjalani penyidikan. 

Dia menyebut, saat ini jajaran Satreskrim Polres Kudus tengah memintai keterangan dari saksi ahli terkait kasus tersebut.

Selanjutnya, berkas perkara akan segera dilimpahkan ke Kejaksaan untuk melanjutkan proses hukum.

"Proses dalam tahap penyidikan, kita sudah periksa tersangka. Kalau semua unsur sudah terpenuhi, berkas dinyatakan P21, kita limpahkan ke Kejaksaan," terangnya, Kamis (22/9/2022).

Baca juga: Ditreskrimsus Polda Jateng akan Tempatkan Personel di Setiap SPBU Antisipasi Penimbunan BBM

Adanya kasus tersebut, AKBP Wiraga Dimas mengaku sudah menerima masukan dari berbagai pihak agar terus memberantas mafia migas.

Di antaranya datang dari kalangan aktivis mahasiswa.

Dia menegaskan, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi juga sudah memberikan arahan kepada jajaran kepolisian di Jawa Tengah untuk memberantas dan menindak tegas jika terjadi pelanggaran. 

Pihaknya melakukan tindakan preventif dengan menempatkan personel di setiap SPBU sesuai perintah dari Kapolda untuk melakukan pengawasan.

"Jangan sampai ada pelanggaran, antispasi jika ada orang yang ingin melakukan tindak ilegal. Pengawasan ini sudah jalan," tuturnya. 

Baca juga: Pembelian Solar Dibatasi, Pengusaha Bus di Jepara: Itu Tidak Masuk Akal!

Selain itu, AKBP Wiraga Dimas membuka diri bagi masyarakat yang ingin melaporkan tindak pidana yang ditemui atau dilihatnya, supaya bisa ditindak lebih cepat oleh jajarannya. 

 
Diberitakan sebelumnya, polisi berhasil mengamankan 12 ton Bio Solar atas kasus penimbunan BBM Solar subsidi di Kabupaten Kudus. 

Praktik ilegal penyelewengan solar subsidi itu terbongkar pada pertengahan Agustus lalu hasil pengembangan penyelidikan dalam rangka menindaklanjuti laporan masyarakat.

Bio Solar yang diamankan pihak kepolisian ditampung dalam 17 buah kempu di sebuah gudang di Desa Bae, Kecamatan Bae. 

Hasil penimbunan diedarkan di bawah kendali PT Anugrah Satria Samudra (ASS). (Sam)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved