Berita Demak

Hari kedua Pawaslu Tingkat Kecamatan Demak Direspon Baik Masyarakat

Bawaslu Kabupaten Demak dapat puluhan aduan masyarakat terhadap pencantuman nama.

Penulis: Tito Isna Utama | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Bawaslu Kabupaten Demak mendapatkan puluhan aduan masyarakat terhadap pencantuman nama keikutsertaan anggota partai politik (parpol) seiringan dengan hari kedua pembukaan Pawaslu tingkat kecamatan kabupaten Demak.

Diketahui bahwa saat ini, pendaftaran Pawaslucam sudah berjalan selama dua hari.

Dalam waktu itupun, Ketua Bawaslu Kabupaten Demak, Khoirul Saleh menyampaikan sudah mendapatkan 19 aduan masyarakat terkait pencantuman nama keikut sertaan anggota politik.

Bukan hanya masyarakat biasa saja, kata Agus, anggota TNI dan ASN pun ada tercatat menjadi anggota parpol.

“Aduan sebanyak 19 orang terdiri dari berbagai macam kalang seperti ASN, TNI, hingga masyarakat umum,” kata Khoirul Saleh kepada Tribunjateng, Kamis (22/9/2022).

Dia mengatakan untuk nama-nama tersebut sudah diadukan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak untuk segera ditindak lanjuti.

“Bagi masyarakat bukan anggota politik tapi namanya tercantum dalam sipol itu sudah ada laporannya dan sudah kami sampaikan juga ke KPU. KPU juga sudah menindak lanjuti dengan mengundang baik yang melaporkan maupun dari partai politik,” ujarnya.

Tak hanya itu, Khoirul sapaan akrabnya menyampaikan bahwa pihaknya sempat menemukan 3000 ribu data ganda ketika proses tahan verifikasi tahap pertama.

Akan tetapi saat ini, kegandaan itu sudah dibereskan oleh KPU Kabupaten Demak.

Selain itu, Pawaslu Kecamatan kata Khoirul, sudah ada 249 siap mengalam proses pelaksanaan pemilu 2024 mendatang.

“Setiap Pengawas tingkat kecamatan ada 3 orang, pengawas desa 1 orang stiap desa kelurahan nanti ada 249 , kemudian pengawas tps sejumlah tps yg ada di tahun 2024,” jelasnya

Dia menuturkan pembentukan panwaslucam disambut baik oleh masyarakat, terbukti banyak masyarakat yang ikut mendaftar.

“respon masyarakat sangat besar skali, mereka ada keinginan untuk mengabdikan dirinya memberikan sumbangsih pikiran dan tenaganya di pemilu 2024 melalui pendaftaran sipol,” tuturnya.

Respon baik pun bukan saat pendaftaran saja lanjutnya, ketika melakukan sosialisasi pun banyak masyarakat merespon dengan baik. (*)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved