Berita Sragen

Batik Sragen Banyak Diminati Para Pejabat, Windasari Jadi Tempat Langganan Istana Negara

Batik tulis Windasari di Desa Kliwonan disebut-sebut jadi langganan para pejabat.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati ketika berbelanja batik ke pengrajin batik di Kecamatan Masaran, Kamis lalu 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Batik tulis Windasari di Desa Kliwonan, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen disebut-sebut jadi langganan para pejabat untuk sekedar souvernir maupun dipakai sendiri.

Bahkan sekretariat kepresidenan dari Istana Negara juga kerap memesan batik yang dimiliki Kades Kliwonan yang juga Pemilik Batik Tulis Windasari, Aswanda ini.

Aswanda mengaku sudah berulang kali pihaknya mendapat pesanan batik untuk souvenir kegiatan kepresidenan baik kunjungan ke Istana maupun kunjungan luar daerah.

Aswanda menceritakan pesanan pertama kepresidenan saat itu 15 ribu potong kain batik. Saat itu dirinya tidak menyangka salah satu pembelinya ternyata sekretariat kepresidenan.

"Dulu waktu pertama ada yang datang kayak orang biasa aja, pakai baju biasa. Ternyata sekretariat kepresidenan ya tidak menyangka, langsung pesan 15 ribu," kata Aswanda.

Dia mengaku pesanan paling banyak pernah diterimanya ketika sekretariat kepresidenan memesan batiknya dalam satu bulan sebanyak tiga kali. Sekali pesan bisa mencapai 10-15 ribu potong kain.

"Biasanya sekali pesan pihak Istana Negara minta dikirim 10.000 potong kain batik. Pernah paling banyak itu sebulan tiga kali," lanjut dia.

Aswanda mengaku pesanan batik dari Istana Negara setelah pandemi Covid-19 ini berkurang, mengingat pembatasan sejumlah kegiatan di luar daerah.

"Dulu sebelum Pandemi Corona selalu kirim ke istana hampir sebulan sekali kami selalu dapat pesanan, tapi sejak pandemi mulai berkurang," lanjut dia.

Batik tulis Windasari, dikatakan Aswanda mulai memproduksi 2000 usai Aswanda menikah. Aswanda mengaku usaha batiknya dulu sempat naik turun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved