Berita Cilacap

Deteksi Dini dan Perkuat Keamanan, Regu Pengamanan Lapas Karanganyar Rutinkan Giat Patroli

Dalam pelaksanaan troling meliputi pengecekan area sekitar lapas baik dari branggang dalam dan branggang luar

Penulis: Pingky Setiyo Anggraeni | Editor: muslimah
Humas Kemenkumham Jateng
Regu Pengamanan Lapas Karanganyar melakukan giat patroli keliling Lapas. Senin (26/9/2022). Hal tersebut dilakukan untuk mendeteksi dini dan memperkuat keamanan di sekitar Lapas. 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Untuk memenuhi upaya mendeteksi dini dalam mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Karanganyar, Regu Pengamanan didampingi Perwira piket melakukan kontrol keliling di lingkungan sekitar Lapas Karanganyar. Senin (26/9/2022).

Hal itu dilakukan karena keamanan dan ketertiban Lapas menjadi hal utama dalam operasional Lapas. 

Meskipun Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar Nusakambangan sudah dilengkapi dengan fasilitas keamanan, akan tetapi tetap diperlukan upaya-upaya pendukung untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di Lapas Karanganyar.

“Sudah menjadi kewajiban bagi Perwira Piket beserta dengan Karupam dan perwakilan regu untuk melakukan kontrol keliling area Lapas,” ungkap Kasubsi Keamanan, Suwarto sebagaimana dalam rilis.

Kegiatan dilaksanakan secara berkala setiap 2-3 jam sekali khususnya pada malam hari. 

Dalam pelaksanaan troling meliputi pengecekan area sekitar lapas baik dari branggang dalam dan branggang luar. 

"Tidak hanya untuk mengecek potensi gangguan keamanan tetapi juga untuk melaksanakan pengecekan fasilitas keamanan yang ada di lingkungan lapas," kata Suwarto.

Lebih lanjut, kegiatan troling ini juga sebagai upaya Deteksi dini yang diterapkan dengan melakukan peningkatan intensitas kontrol keliling blok hunian.

Kemudian mengecek kondisi fisik bangunan, teralis besi, pengecekan gembok dan branggang setiap blok dan melanjutkan kontrol ke dapur higienis.

"Waspada jangan-jangan. Laporkan bila terjadi hal-hal yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban di dalam Lapas. Pastikan juga untuk selalu melakukan pencatatan terhadap fasilitas atau sarana prasarana yang memerlukan perawatan kembali. Pastikan pula untuk melaporkan kepada perwira piket dan pengawa umum yang bertugas," terang Suwarto. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved