Berita Banyumas

Embung Rawa Bener, Tempat Irigasi Sekaligus Wisata Air di Banyumas

Embung Rawa Bener, obyek wisata baru yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Banyumas.

Penulis: Imah Masitoh | Editor: m nur huda
Tribunjateng.com/Imah Masitoh
Embung Rawa Bener di Desa Piasa Kulon, Banyumas, Senin (26/9/2022)  

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Embung Rawa Bener, obyek wisata baru yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Banyumas.

Saat melewati jalan raya Banyumas-Banjarnegara beberapa orang akan bertanya-tanya dengan sebuah pulau kecil di sisi utara jalan. 

Berjarak kurang lebih 3 kilometer atau sekitar 5 menit dari pusat Kecamatan Somagede, pemandangan nan cantik dari sebuah danau buatan. 

Embung Rawa Bener terletak di Dusun B, Desa Piasa Kulon, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas. 

Dibangun sejak tahun 2016, sebagai salah satu program Kementerian Pertanian yang ditujukan untuk pengairan sawah di desa tersebut. 

Awal pembuatan embung yang hanya seluas 50 meter persegi ini, hingga tahun 2017 kelompok tani setempat mengajukannya menjadi sebuah objek wisata baru.

Melihat sisi lain dari sebuah irigasi air yang dapat dikembangkan menjadi wisata, berbekal dana desa Embung Rawa Bener mulai dilakukan perluasan dan penataan.

Hingga sampai sekarang ini, Embung Rawa Bener dikelola oleh Bum Desa Manunggal Jaya, Desa Piasa Kulon. 

Saat ini Embung Rawa Bener memiliki luas kurang lebih 47 x 98 meter, dengan ikon pulau mungil di tengahnya berukuran kurang lebih 13 x 15 meter. 


Menarik bukan, pulau kecil ditengah embung ini dipenuhi rumput hijau dan sebuah pondok kecil untuk bersantai menikmati semilir angin di tengah embung ini. 


Beriak air yang terhembus angin menampakan butiran air yang mengkilau terkena sinar matahari. 


Pepohonan yang rindang mengelilingi tepian embung cukup menambah kesejukan di wisata buatan ini. 


Pengunjung juga dapat bersantai di bangku-bangku pada tepian embung ini sembari menikmati pulai kecil yang tampak lebih indah dari sisi selatan.


Tidak hanya dapat mengelilingi embung dengan berjalan kaki, pengunjung juga dapat merasakan sensasi berkeliling embung dengan bebek air ataupun perahu. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved