Berita Sragen

Pendaftar Panwaslu Kecamatan Sragen Sudah Hampir Lima Kali Lipat Dari Kuota

Pendaftaran Panwaslu Kecamatan memasuki hari terakhir, sudah ada 281 pendaftar atau hampir lima kali lipat dari kuota yang dibutuhkan.

TRIBUNJATENG/Mahfira Putri
Suasana pendaftaran Panwaslu Kecamatan di Kantor Bawaslu Sragen di Jalan Teuku Umur No 20, Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Sragen, Selasa (27/9/2022) 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Pendaftaran Panwaslu Kecamatan memasuki hari terakhir, setelah dibuka selama tujuh hari sudah ada 281 pendaftar atau hampir lima kali lipat dari kuota yang dibutuhkan.

Setiap kecamatan hanya membutuhkan tiga orang yang bertugas sebagai panwaslu kecamatan, sehingga Kabupaten Sragen hanya membutuhkan 60 Panwaslu Kecamatan.

Komisioner Bawaslu Sragen divisi SDM dan Organisasi, Edy Suprapto mengatakan setelah masa pendaftaran ini, pihaknya akan melakukan penelitian berkas.

Dalam mengumpulkan berkas, Bawaslu Sragen menerima berkas syarat-syarat pendaftaran dalam tiga macam, yakni secara langsung ke kantor Bawaslu Sragen, melalui pos hingga online.

"Nanti pada 28 sampai 30 Pokja, pendaftaran calon Panwaslu Kecamatan akan melakukan penelitian berkas untuk menentukan mana yang lulus administrasi untuk bisa kemudian mengikuti tes tertulis," katanya kepada Tribunjateng.com, Selasa (27/9/2022).

Setelah tes tertulis, hasil akan diumumkan sesuai rangking dari peringkat 1 sampai 6 dari seluruh pendaftar di masing-masing kecamatan. Setelahnya keenam peserta akan mengikuti tes wawancara.

Meskipun hanya diambil tiga tertinggi, tiga orang dibawahnya akan sebagai cadangan apabila dikemudian hari anggota Panwaslu Kecamatan berhalangan.

"Enam besar ini kita ambil tiga besar, semisal  ada yang meninggal dunia atau tidak bisa menjalankan tugas tiga dibawahnya sebagai cadangan untuk mengganti," ujarnya.

"Kami menyebutnya PAW (Pergantian Antar Waktu) nanti yang tiga dibawahnya sebagai cadangan atau personil untuk mengganti," terang Edy.

Pengumuman final tiga anggota Panwaslu Kecamatan pada (25/10/2022). Jika sesuai rencana, pelantikan akan dilakukan antara (26-28/10/2022).

Sejak pelantikan itulah para panwaslu kecamatan akan bekerjasama sampai dua bulan setelah pemilu 2024 berakhir atau dua bulan setelah tahapan pemilu berakhir.

Dari pendaftaran ini, Bawaslu Sragen berharap akan banyak pendaftar-pendaftar yang sudah memiliki kemampuan memahami regulasi sehingga mampu menjalankan pengawasan dan memahami penyelenggaraan pemilu.

"Yang mengawasi harusnya lebih pandai daripada yang diawasi. Kemudian kami juga berharap mereka memiliki integritas yang tinggi, jujur, adil dalam rangka menegakkan keadilan pemilu," tandasnya. (uti)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved