Berita Semarang

Inilah Empat FKTP di Kota Semarang dan Kabupaten Demak Paling Berkomitmen Dalam Program JKN

BPJS Kesehatan Cabang Semarang memilih empat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

Penulis: amanda rizqyana | Editor: sujarwo
Dok. Humas BPJS Kesehatan
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Semarang memilih empat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Berkomitmen Tahun 2022 karena telah memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Semarang dan Kabupaten Demak. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Semarang memilih empat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Berkomitmen Tahun 2022.

Empat FKTP tersebut telah memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Semarang dan Kabupaten Demak.

Keempat FKTP tersebut ialah Puskesmas Ngaliyan, Klinik Pratama Palma, dr. Rhina Yuningtyas, dan drg. Diana Eka.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Andi Ashar mengatakan, sebanyak 349 FKTP yang bekerja sama berpartisipasi dalam proses pemilihan ini.

"Beberapa kriteria menjadi indikator penilaian untuk menentukan FKTP berkomitmen dari Kantor Cabang Semarang dan Kabupaten Demak," ujar Andi pada Tribun Jateng, Selasa (27/9/2022).

Di antaranya, capaian kontak tidak langsung, response time dokter pada Aplikasi Mobile JKN Faskes, capaian skrining riwayat kesehatan, dan pemanfaatan antrean dalam jaringan (daring) di FKTP.

Kriteria lain termasuk profil FKTP baik dari segi bangunan, sarana prasarana dan Sumber Daya Manusia (SDM), kegiatan promotif preventif, sarana pemberian informasi dan penanganan pengaduan, serta inovasi.

“Dalam menyeleksi dan menilai kami juga melibatkan tim penilai eksternal yang terdiri dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Asosiasi Klinik (ASKLIN), Perhimpunan Klinik dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Indonesia (PKFI), dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) tingkat Kota/Kabupaten,” terang Andi.

Dia menjelaskan, dengan adanya pemilihan FKTP berkomitmen ini, diharapkan mampu memberikan gambaran tentang pelayanan yang diberikan oleh masing-masing FKTP.

Harapannya, seluruh FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dapat saling mengedepankan pelayanan terbaik bagi peserta JKN.

Tak hanya bagi peserta sakit saja tetapi juga peserta sehat dengan mengoptimalkan pelayanan promotif preventif.

"Empat FKTP terbaik di tingkat kantor cabang, akan kami ajukan ke tingkat kedeputian wilayah untuk diseleksi bersama perwakilan FKTP cabang lainnya," tutur Andi.

Ia menambahkan, masing-masing yang terbaik selanjutnya akan maju seleksi FKTP berkomitmen tingkat nasional.

Dokter Pelaksana Klinik Palma, Kriswidiati menyampaikan, pihaknya memiliki layanan poli umum, poli gigi, poli refraksi, dan farmasi serta didukung oleh tenaga medis, paramedis, dan nonmedis.

Selain itu, juga mengimplementasikan antrean daring yang terkoneksi dengan Aplikasi Mobile JKN serta memanfaatkan dua media dalam melakukan kontak tidak langsung pada pasien, via Mobile JKN Faskes dan Chat Whatsapp.

“Kami menyesuaikan apa yang dibutuhkan peserta JKN. Seperti konsultasi dokter, informasi kesehatan maupun kegiatan promotive preventif. Klinik Palma menugaskan satu petugas khusus jika ada pasien yang ingin berkonsultasi online. Sehingga harapannya pasien lebih cepat mendapat respon untuk berkonsultasi dengan dokter,” tutupnya. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved